SMP YPPI 1 Surabaya Terbitkan 2 Buku Karya Siswa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 07 Jan 2022 20:16 WIB

 SMP YPPI 1 Surabaya Terbitkan 2 Buku Karya Siswa

i

Siswa YPPI 1 Surabaya saat memamerkan hasil karya mereka. SP/SAMMY MANTOLAS

 SURABAYAPAGI, Surabaya - SMP Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Indonesia (YPPI) 1 Surabaya, hari ini melaunching 2 buku karya siswa kelas 7, 8 dan 9. 

Kedua buku tersebut ditulis oleh 30 siswa dan telah mendapatkan International Standard Book Number atau ISBN.  

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

"Total ada 2, satu buku berjudul Ruka atau rumah karya dan 1 lagi novel berjudul the secret diamond academy," kata Kepala Sekolah SMP YPPI 1 Surabaya Dra. Titris Hariyanti Utami, M.Si kepada Surabaya Pagi, Jumat (07/01/2021).

Untuk buku Rumah Karya, merupakan kumpulan karya cerpen dari 29 siswa baik dari kelas 7 hingga kelas 9. Sementara untuk novel ditulis oleh siswa kelas 7 bernama Tiara Mulan Dewi. 

"Kalau cerpen itu ada 268 karya. Dan untuk novel ditulis sendiri sama Tiara. Jumlah halamannya ada sekitar 194 halaman. Memang untuk kemampuan menulis, kita punya program unggulan yaitu club literasi dan penulisan atau writing on writer (WoW)," katanya.

SAVE_20220107_150535SAVE_20220107_150535

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

 Lebih lanjut Titris menyebut, kemampuan literasi anak bukan hanya pada kemampuan membaca. Kemampuan menulis anak juga termasuk bagian dalam literasi. Oleh karenanya, dengan adanya kelas literasi yang diadakan oleh pihak sekolah, diharapkan mampu mendorong potensi anak. 

"Outputnya kita itu, minimal anak-anak bisa memiliki satu karya tulis. Dan hari ini terbukti bahwa ternyata anak bisa menulis buku dan sudah ISBN," katanya.

Senada dengan itu, salah satu guru pendamping program literasi SMP YPPI 1 Surabaya Asro Xabilul Haq, menjelaskan program literasi dan penulisan atau writing on writer (WoW) dikhususkan untuk melatih dan menumbuhkan minat siswa dalam bidang kepenulisan.

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

"Memang kita arahkan untuk menumbuhkan semangat literasi siswa. Tapi kalau hanya materi saja atau siswa kita perintahkan untuk membaca, itu belum begitu lengkap. Pendekatan yang kami pakai, adalah menumbuhkan minat dengan hal-hal yang mereka sukai," kata Xabil

Pendekatan berbasis kegemaran siswa, nyatanya terbukti efektif. Hingga kini telah ada sekitar 7 buku yang telah diterbitkan oleh SMP YPPI 1 Surabaya. Dari 7 buku tersebut 5 buku merupakan karya siswa sementara 2 buku lainnya ditulis oleh guru-guru SMP YPPI 1.sem

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU