1.000 Ton Beras Didistribusikan dari Surabaya ke NTT

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 19 Mei 2023 10:34 WIB

1.000 Ton Beras Didistribusikan dari Surabaya ke NTT

i

Pendistribusian 1.000 ton beras oleh Kemenhub dari Surabaya ke NTT melalui kapal tol laut. Foto: Kemenhub.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Badan Pangan Nasional (Bapanas) /National Food Agency (NFA) melalui Perum Bulog mendistribusikan 1.000 ton beras dari Provinsi Jawa Timur (Jatim) ke Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan menggunakan kapal tol laut, Kamis (18/5/2023).

Pengiriman beras untuk NTT diambil dari stok beras yang ada di Surabaya, Jatim. Hal itu merupakan bagian dari upaya Bapanas untuk menjaga stabilitas harga dan memastikan ketersediaan beras di wilayah NTT.

Baca Juga: Stabilkan Harga, Pemkot Batu Salurkan 91,29 Ton Beras CPP

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha mengatakan bahwa pasokan beras tersebut telah diberangkatkan menggunakan Kapal Tol Laut KM. Kendhaga Nusantara 7 yang dioperasikan oleh PT. PELNI (Persero).

"Pengiriman pasokan beras ini merupakan bagian dari upaya kami untuk menjaga stabilitas harga dan memastikan ketersediaan beras di wilayah NTT," kata Arif, Kamis (18/5/2023).

Arif mengungkapkan bahwa Ditjen Perhubungan Laut bersama dengan instansi dan stakeholder terkait lainnya berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemenuhan kebutuhan pangan nasional serta menjaga stabilitas harga di wilayah NTT melalui Tol Laut.

Baca Juga: Penuhi Pasokan CBP, 27 Ribu Ton Beras Impor Vietnam Siap Didistribusikan

"Kami percaya bahwa kerjasama yang erat antara instansi pemerintah dan stakeholder terkait akan membawa manfaat yang positif bagi masyarakat, terutama dalam mendukung ketahanan pangan dan pembangunan ekonomi," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting, mengungkapkan sejumlah 1.000 Ton beras diangkut dan didistribusikan ke berbagai lokasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur menggunakan KM. Kendhaga Nusantara 7.

"Kapal Tol Laut KM. Kendhaga Nusantara 7 telah berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada tanggal 13 Mei 2023," ujar Hendri.

Baca Juga: Bapanas Pastikan Kebutuhan Bahan Pokok Aman hingga Lebaran

Hendri menambahkan, dalam perjalanan distribusi beras melalui Tol Laut ini, kapal mengangkut muatan seberat 120 Ton beras atau setara dengan 6 TEUs (Twenty-Foot Equivalent Units) dengan tujuan Labuan Bajo, sebanyak 200 Ton atau 10 TEUs dengan tujuan Ende, sebanyak 280 Ton atau 14 TEUs dengan tujuan Larantuka dan sebanyak 400 Ton atau 20 TEUs dengan tujuan Waingapu.

"Kami mengharapkan agar pasokan beras melalui Tol Laut ini dapat tiba dengan aman dan tepat waktu di berbagai destinasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur," harapnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU