11 Terduga Teroris Dipindahkan ke Jakarta

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - 11 terduga terorisme yang diamankan di Jatim akhirnya dipindahkan ke Jakarta. Hal tersebut dibenarkan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko.

"11 terduga teroris yang diamankan di beberapa tempat di wilayah Jatim itu sudah digeser ke Jakarta," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (15/9).

Perwira dengan tiga melati emas itu juga memastikan kalau 11 terduga teroris itu dipindahkan lewat jalur udara, yakni diterbangkan dari Bandara Juanda, Sidoarjo menuju ke Jakarta. 

"Proses pemindahan dilakukan pengawalan ketat dari teman-teman Densus 88 (Detasemen Khusus Antiteror Polri)," kata Gatot. 

Para terduga tindak pidana terorisme ini, sambung Gatot, diringkus oleh Tim Densus 88 Antiteror Polri di beberapa daerah di Jatim yakni di Surabaya, Sidoarjo hingga Malang. Semuanya tergabung dalam satu jaringan.

"Mereka jaringan Jemaah Islamiyah JI," ujar Gatot. 

Lebih lanjut, Gatot juga menuturkan bahwa tak hanya 11 terduga tindak pindana terorisme saja yang dibawa ke Jakarta. Sejumlah barang bukti juga turut diterbangkan. 

"Barang bukti yang dibawa ada beberapa senjata tajam dan senjata rakitan," ucapnya.