11 Warga Bangkalan Positif Covid-19, 10 Orang CT Value Di Bawah 25

Kurang lebih 10 warga Bangkalan terkonfirmasi positif dengan hasil CT Value di bawah 25. SP/SAMMY MANTOLAS

SURABAYAPAGI, Surabaya - Tim Satgas Covid-19 menemukan 13 orang terkonfirmasi positif covid-19 tatkala melakukan penyekatan di jembatan Suramadu.

Dari 13 orang tersebut, 11 orang diantaranya adalah warga Bangkalan Madura dan 2 orang lainnya adalah warga Bangka Belitung. Ke-13 orang tersebut kini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI).

Penanggung Jawab RSLI Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Sp.B., Sp. BTKV saat dihubungi menyampaikan, dari hasil tes ditemukan 10 orang memiliki hasil CT Value di bawah 25. 

"Sampelnya kemudian akan kita kirim ke ITD dan Balitbangkes Jakarta pusat untuk konfirmasi lebih lanjut, dugaan varian baru covid-19," kata dr. Nalendra saat ditemui di RSLI Surabaya, Senin (07/06/2021).

Karena adanya dugaan terpaparnya varian baru covid-19 pada 10 warga dengan CT Value di bawah 25, maka pihak RSLI Surabaya melakukan treatment yang khusus kepada 10 pasien tersebut.

"Mereka dipisahkan dan penanganannya berbeda dengan pasien lokal lainnya. Atau seperti pasien PMI karena itu tadi ada dugaan varian baru," katanya.

Hingga berita ini diturunkan, RSLI kedatangan lagi 10 pasien baru hasil tracing satgas covid-19 di Suramadu. Sehingga total pasien yang dirawat di RSLI berdasarkan hasil tracing adalah sebanyak 23 orang.

"Mereka yang baru datang ini akan periksa lagi. Apabila CT Valuenya di bawah 25 maka akan kita kirim sampelnya untuk diperiksa lebih lanjut," ucapnya

Sebagai informasi, kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Madura, melonjak usai libur Lebaran 2021 selama sepekan terakhir. Per Minggu (6/6/2021) kemarin, terdapat kurang lebih 25 kasus Covid-19 dan 2 pasien Covid-19 meninggal dunia. 

"Spreading dan kematiannya cepat. Harapan kita semoga mereka tidak terpapar varian baru. Jadi kita tunggu saja hasilnya keluar, minimal 2 minggu lah," pungkasnya.

Terkait varian baru sendiri, sebelumnya RSLI sempat merawat 2 pasien PMI yang terkonfirmasi varian baru covid-19, yakni B.117 dan B.1351. Kedua pasien ini telah dinyatakan sembuh oleh Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) serta hasil swab PCR negatif secara 2 kali berturut-turut.sem