11.350 PMI Tiba di Surabaya, 126 Terkonfirmasi Positif Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 01 Jun 2021 14:50 WIB

11.350 PMI Tiba di Surabaya, 126 Terkonfirmasi Positif Covid-19

i

Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terkonfirmasi positif covid-19 saat tiba di RSLI Surabaya. SP/DOC RSLI

SURABAYAPAGI, Surabaya - Kurang lebih sekitar 11.350 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang telah tiba di Surabaya hingga pertengahan tahun 2021. 

Gelombang PMI ini mulai dirasakan sejak awal bulan puasa tahun ini. Adapun negara asal PMI adalah dari Malaysia, Singapura, Hongkong, Brunei Darussalam, Jepang, Inggris dan Belanda. 

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

Ketua relawan pendamping Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 Rumah Sakit Lapangan Indrapura (PPKPC-RSLI) Radian Jadid menyampaikan, terdapat sekitar 126 pekerja dari keseluruhan PMI yang telah masuk ke Surabaya.

 "Saat ini mereka telah dirawat oleh tenaga medis di RSLI. Semuanya ditangani sesuai prosedur," kata Radian Jadid melalui saluran telepon, Selasa (01/06/2021).

Dari 126 pekerja terkonfirmasi, mayoritas adalah pekerja yang bekerja di negara Malaysia. Jumlahnya mencapai 96 orang. Sementara untuk pekerja asal Singapura sebanyak 17 orang. Berikutnya ada Hongkong dengan jumlah terkonfirmasi 5 orang, Brunei dan Jepang masing-masing 3 orang serta PMI asal Belanda dengan jumlah 2 orang.

"Memang Malaysia ini paling rawan, bahkan sekarang negeri dengan julukan tirai bambu ini di lock down total oleh pemerintah," katanya.

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

Terkait penanganan sendiri, pihak RSLI bekerja sama dengan sejumlah stakeholders. Khususnya institusi yang memiliki laboratorium  seperti Laboratorium ITD (belakang Kampus C Unair) dan Balitbangkes Jakarta Pusat.

"Jadi kita kerjasama dengan mereka untuk pemeriksaan lebih lanjut terkait perkembangan varian baru covid-19," jelasnya.

 Pekerja yang terkonfirmasi positif, nantinya akan diambil sampel untuk diteliti lebih lanjut apakah terdapat varian baru covid-19 dalam tubuh pasien atau tidak.  Hingga saat ini telah ada sekitar 48 sampel yang telah dikirim ke dua institusi yang bekerjasama dengan RSLI.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Halal Bihalal

 "Dan sampai saat ini kita masih menunggu hasil sampelnya," tambahnya. 

Sebagai informasi, sebelumnya Surabayapagi.com sempat merilis 2 PMI yang terkonfirmasi varian baru covid-19. Kedua pasien ini terkonfirmasi varian baru covid-19 yakni B.117 (Strain Inggris) dan B.1351 (strain Afrika Selatan). 

 "Mereka sudah dirawat dan dinyatakan sembuh oleh Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) RSLI dan bisa melanjutkan isoman di rumah dengan monitoring Dinkes setempat serta dampingan relawan pendamping pada 20 dan 24 Mei 2021," pungkas Jadid.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU