144 Penyintas Covid-19, Lakukan Donor Plasma Konvalesen di Tanjung Perak

Para penyintas covid-19 saat melakukan donor plasma konvalesen. SP/Semmy Mantolas 

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Sebanyak 144 penyintas covid-19 yang berasal dari internal Pelindo III group mengikuti skrining plasma konvalesen di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak, Jumat (02/07/2021). 

"Kami mengapresiasi para penyintas yang sudah rela mendonorkan plasmanya tentunya juga Pelindo III yang sudah memfasilitasi kegiatan ini," kata Kepala Bagian Pelayanan dan Humas Unit Donor Darah Kota Surabaya, dr. Martono Adi Triyogo. 

Saat ini kata dr. Martano, stock plasma konvalesen di PMI Surabaya sangat terbatas. Ditambah Lagi adanya varian baru, berimplikasi pada permintaan plasma setiap harinya. 

"Sejak meningkatnya angka covid-19 harian bulan Mei hingga hari ini PMI UDD Kota Surabaya butuh minimal sebanyak 500 kantong plasma konvalesen tentu Ini tidak sebanding dengan stock kami," katanya. 

Celakanya, adanya permintaan tinggi tersebut, tidak sebanding dengan plasma yang dapat dikumpulkan dari sejumlah penyintas Covid-19 yang berinisiatif melakukan donor plasma. Hal ini tentu tak lepas dari sejumlah persyaratan yang ditentukan dan harus dipenuhi oleh para calon pendonor. 

"Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi selain pernah terkonfirmasi positif Covid-19 adalah bebas keluhan minimal 14-28 hari, berusia 17-60 tahun dengan berat badan lebih dari 55 kg, dan memiliki kadar antibodi dan total liter antibodi igG spesifik Covid-19," terangnya.

Sementara itu, Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto menjelaskan sebagai BUMN, Pelindo III akan terus berupaya membantu pemerintah dalam mengatasi kasus covid-19. Salah satu bentuknya adalah dengan kegiatan donor plasma konvalesen. 

"Kegiatan ini telah dilakukan sejak tanggal 1 Juli kemarin, dan hari ini adalah hari terakhir. Kami berharap dari hasil screening ini banyak yang lolos sehingga kebutuhan plasma bisa segera terpenuhi," kata Edi Priyanto.

 Pihak Pelindo III kata Edi, telah melakukan kegiatan donor konvalesen sebanyak 3 kali yaitu pada bulan November 2020, Januari 2021 dan terakhir bulan Juli 2021.  

"Karena ini merupakan ikhtiar dan komitmen Pelindo III khususnya dalam membantu pemerintah memerangi Covid-19," pungkasnya.sem