1.696 Orang di Surabaya Jalani Isoter di Rumah Sehat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 11 Agu 2021 10:28 WIB

1.696 Orang di Surabaya Jalani Isoter di Rumah Sehat

i

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menyemangati warga yang isolasi mandiri (isoman) di rumah sehat Tambaksari Surabaya, Kamis (5/8/2021). SP/PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Berdasarkan data per 9 Agustus ada sebanyak 2.090 warga di Surabaya yang isolasi mandiri. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.696 warga dapat dimediasi ke rumah sehat untuk isolasi terpadu (isoter).

"Satgas dari pemkot kemudian dibantu TNI-Polri juga kemampuan dari Pak Camat dan Lurah itu berhasil mediasi kepada 1.696 orang dari total 2.090 (isoman) untuk bisa dilakukan isolasi terpadu," jelas Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara, kemarin.

Baca Juga: Atasi Banjir dari Saluran Air di Seluruh Kampung

Sedangkan untuk sisanya, mereka melakukan isoman di rumah. Menurut Febri, ini berdasarkan hasil asesmen Satgas Covid-19 yang merekomendasi bahwa rumah mereka layak digunakan untuk isoman. Tentunya warga yang isoman tersebut di bawah pantauan atau monitoring tenaga kesehatan di puskesmas setempat.

"Karena yang lain dilihat rumahnya itu ketika diasesmen memungkinkan untuk dilaksanakan isoman. Tapi yang isoman itu tetap dilakukan pemantauan atau monitoring oleh petugas puskesmas," ujarnya.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony Ajak Warga Budayakan Tidak Buang Sampah di Saluran Air

Dengan adanya rumah sehat tersebut, Febri menyatakan, bahwa penanganan Covid-19 yang dilakukan Pemkot Surabaya bisa lebih cepat. Di lain hal, tenaga kesehatan juga lebih mudah memberikan penanganan kepada warga di rumah sehat apabila sewaktu-waktu membutuhkan kedaruratan.

"Alhamdulillah dengan adanya rumah sehat atau isoter ini penanganan bisa lebih cepat dan penularan klaster keluarga bisa dicegah," imbuhnya. 

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

Febri menambahkan, di Rumah Sakit Indoor Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, per hari ini masih dimanfaatkan untuk isoter oleh 44 warga. Mereka diketahui memiliki gejala ringan hingga sedang.

"Gejalanya ada yang sedang dan ringan. Tapi sampai hari ini Insya Allah terkendali, pasien juga diperhatikan maksimal oleh petugas di lapangan," ujarnya.sb2/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU