2 Periode, Fadeli Prioritaskan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Bupati Fadeli saat menggunakan mikroskop di salah satu layanan kesehatan di Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - 10 tahun sudah jabatan bupati Lamongan disandang oleh Fadeli. Selama dua periode menjabat, urusan layanan kesehatan menjadi salah satu prioritas pria dengan segudang prestasi ini.

Program yang menjadi unggulan pemerintah untuk masyarakatnya itu, diantaranya yakni Program Lesung Si Panji (Lenyapkan Pasung Memanusiakan Pasien Jiwa) yang dicanangkan oleh Fadeli pada Juli Tahun 2016.

Di Bulan Desember tahun yang sama telah mampu membebaskan 190 pasien jiwa dan pemasungan. Tak hanya dibebaskan dari pemasungan mereka juga diberikan pelatihan sehingga bisa berkarya mandiri.

Lamongan juga menjadi satu di antara sedikit Kabupaten / Kota di antara yang berstatus Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BBABS) atau Open Defecation Free (ODF) melalui program jambanisasi. 

Status ODF ini adalah satu dari lima pilar dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sehingga pada Februari 2019 Lamongan menjadi kabupaten pertama yang mencanangkan penuntasan STBM lima pilar. Bahkan pemerintah pusat baru akan mencanangkannya di 2020. 

Oleh karena itu pada November 2020 Bupati Fadeli menerima prestasi di bidang Kesehatan ditunjukkan dengan diterimanya Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM Award) kategori Enabling, Demand, Supply dari Menteri Kesehatan.

Peningkatan pelayanan kesehatan juga tak luput dari Fadeli. Sejak tahun 2014 bertepatan dengan Hari Jadi Lamongan ke-445 melaunching Program Mobil Sehat. Mobil Sehat merupakan salah satu program unggulan bidang kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Mobil Sehat sebagai salah satu tugas pelayanan tindakan medis kepada masyarakat yang dapat digunakan sewaktu-waktu dengan gratis. Sampai dengan saat ini telah tersalurkan sebanyak 363 Mobil Sehat ke seluruh Desa di Kabupaten Lamongan.

Selain itu melalui Program Peduli Gizi Balita Lamongan (PELITA LA), Kelas Ibu Hamil dan Balita dari Dinas Kesehatan, GEMARIKAN dari Dinas Perikanan serta Gerakan Masyarakat Sehat yang dilakukan oleh lintas perangkat daerah, melalui komitmen ini kasus stunting di Kabupaten Lamongan menurun hingga Agustus 2020 turun menjadi 7,10 persen. 

Menjelang akhir masa jabatannya Fadeli baru saja meresmikan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) pada 13 Februari 2021. Labkesda ini tidak hanya berfungsi sebagai laboratorium mikrobiologi (pemeriksaan air dan kualitas air) namun juga laboratorium kimia dan laboratorium klinik. Kedepannya Labkesda juga akan dimanfaatkan sebagai tempat rujukan semua laboratorium yang ada di Lamongan. jir