20 Ribu Jamaah Hadiri Haul ke 38 Habib Husein Bin Hadi Al Hamid di Probolinggo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 12 Sep 2022 17:54 WIB

20 Ribu Jamaah Hadiri Haul ke 38 Habib Husein Bin Hadi Al Hamid di Probolinggo

i

Jamaah pengajian Haul ke 38 Almarhum Habib Husein Bin Hadi Al Hamid di Probolinggo, Minggu 11/9/2022. Sp / Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Probolinggo - Salah satu drurriyah (keturunan) Rasulullah yang dikenal gigih berdakwah di Desa Brani Kulon Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo adalah  Habib Husein Bin Hadi Al Hamid memperingati Haul ke 38. Kegiatan yang digelar Minggu 11/9/2022 pagi, dihadiri sekitar 20 ribu jamaah dari berbagai pelosok Nusantara.

Habib kelahiran Yaman tahun 1860 itu masuk ke Indonesia pada tahun 1927 dengan tujuan untuk berdakwah menyebarkan agama Islam yang dibawa kakek buyutnya yakni Rasulullah Muhammad SAW dari jalur keturunan Sayyidina Husein hingga Al Arif Billah Habib Abudurrahman Bin Salim Hadramaut Yaman.

Baca Juga: 1000 Pohon Mangga Manalagi akan Ditanam di Kawasan Kota Probolinggo

Yang menarik dari sosok Waliyullah Habib Husein Bin Hadi Al Hamid, menurut penuturan cucu beliau Habib Muhammad Mahdi adalah kegigihan dalam berdakwah. Sebab kakek beliau berdakwah ke Indonesia ketika usianya sudah 67 tahun.

"Namun Allah memberikan umur yang panjang sehingga bisa berdakwah selama 57 tahun dan wafat di usia 124 tahun bertepatan Tahun 1984," terang pria yang digadang-gadang maju menjadi Cabup Probolinggo pada Pilkada serentak 2024 mendatang, Minggu (11/9/2022).

Selain memiliki keluarga di Hadramaut Yaman, Habib Husein Bin Hadi juga memiliki keluarga di Probolinggo. Dengan istri kedua asli Indonesia dikaruniai 3 orang anak. Kemudian menikah lagi dikaruniai 12 orang anak.

"Ayah saya, Habib Muhammad Shodiq Bin Waliyullah Habib Husein Bin Hadi Al Hamid adalah anak tertua dari 12 bersaudara tersebut," beber pria yang juga wakil ketua Komisi B DPRD Jatim 

Sepanjang hidupnya, Habib Husein Bin Hadi dikenal masyarakat sekitar sebagai orang yang dermawan dan tidak memiliki rasa benci kepada orang lain karena sikap dan perilakunya selalu dijaga sehingga hatinya bersih. 

Baca Juga: BPBD Probolinggo Salurkan Bantuan untuk Korban Rumah Roboh

Bahkan salah satu penceramah Haul dari kalangan Habaib mengaku tidak kaget kenapa Habib Husein Bin Hadi Al Hamid dalam manaqibnya diceritakan memiliki hati yang bersih sehingga banyak dicintai masyarakat dan mendapat derajat tinggi di sisi Allah. 

"Itu karena shohibul haul merupakan keturunan Habib Abubakar Bin Salim. Kakek beliau pernah berdoa supaya anak cucunya nanti diberi hati yang bersih. Itu terlihat juga pada sosok Habib Husein Bin Hadi Al Hamid," jelasnya. 

Di tambahkan Habib Mahdi, kakeknya juga sempat merintis pondok pesantren kemudian diteruskan oleh ayahnya dan sekarang dipimpin kakak Habib Mahdi yaitu Habib Abdul Qodir Bin Shodiq.

Baca Juga: Pemkab Probolinggo Alokasikan Rp 2 M untuk Tekan Inflasi

"Nama pondok pesantren yang diasuh oleh keluarga besar Habib Husein Bin Hadi Al Hamid bernama Pondok Pesantren Al Habib Muhammad Shodiq Ahlussunnah Waljamaah," kata politikus Fraksi PPP DPRD Jatim.

Selain Habib Mahdi, adik beliau Habib Salim Quraisy Bin Shodiq juga seorang politikus PPP yang kini menjabat sekretaris DPW PPP dan mantan Wabup Probolinggo. 

Di dalam ramah tamah, banyak tamu yang hadir mendoakan supaya Habib Mahdi cucu shohibul haul nantinya bisa maju menjadi Cabup Probolinggo dan menang pada Pilkada Serentak 2024 mendatang sehingga bisa mendapat amanah menjadi pemimpin Kabupaten  Probolinggo ke depan. rko

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU