2023 Warga Kabupaten Pasuruan Bebas Berobat Gratis Kelas III

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 06 Des 2022 16:49 WIB

2023 Warga Kabupaten Pasuruan Bebas Berobat Gratis Kelas III

i

Bupati Gus Irsyad saat sosialisasi program kesehatan UHC

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Tahun 2023 mendatang, seluruh warga Kabupaten Pasuruan akan mendapatkan layanan kesehatan secara gratis melalui program Universal Health Coverage (UHC).

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menegaskan bahwa untuk mensukseskan program UHC, Pemkab Pasuruan telah menyiapkan anggaran jumbo hingga mencapai lebih dari Rp 150 Milyar.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 24 Miliar

Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk 95% dari jumlah penduduk di Kabupaten Pasuruan yang belum mempunyai jaminan kesehatan apapun. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang mengeluh ribet atau ruwet saat berobat ke Puskesmas maupun ke Rumah sakit pemerintah dan swasta di Kabupaten Pasuruan.

"Karena semuanya sudah di cover pemerintah. Jadi tidak ada lagi masyarakat yang kesusahan untuk mereka bisa mendapatkan layanan kesehatan secara gratis di RSUD, puskesmas maupun rumah sakit swasta di Kabupaten Pasuruan," kata Bupati di sela-sela kesibukannya, Selasa (06/12/2022).

Dijelaskannya, dari total jumlah penduduk di Kabupaten Pasuruan yang mencapai 1.606.807 orang, sebanyak 81,13% diantaranya sudah memiliki jaminan kesehatan, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun perusahaan dan mandiri.

Sedangkan 19,87% warga masih belum memiliki jaminan kesehatan, baik yang miskin ataupun yang mampu secara finansial. Setelah dilakukan verifikasi, 95% dari jumlah tersebut lah yang akan ditanggung oleh Pemkab Pasuruan, sedangkan 5% diantaranya adalah warga yang kemampuan finansialnya di atas rata-rata, sehingga mampu membiayai pengobatannya secara mandiri.

Lebih terperinci, Pemkab Pasuruan selama ini sudah menanggung sebanyak 180.993 warga kurang mampu yang mendapatkan jaminan kesehatan gratis melalui PBID (Penerima Bantuan Iuran Daerah). Dan dengan program UHC, ada tambahan 154.178 warga kurang mampu yang belum punya jaminan kesehatan, sehingga totalnya mencapai 335.171 warga.

"Total ada 335.171 warga kurang mampu yang kita jamin layanan kesehatannya secara gratis di tahun 2023 mendatang," singkatnya.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Beri Toleransi ASN yang Mudik Luar Daerah

Untuk bisa diketahui oleh masyarakat secara luas, Gus Irsyad-sapaan akrab Bupati Pasuruan ini sudah menginstruksikan Dinas Kesehatan agar menyampaikan program ini ke semua rumah sakit negeri dan swasta hingga puskesmas se-Kabupaten Pasuruan.

Begitu pula dengan Dinas Sosial untuk bisa terus mengupdate data warga jikalau masih ada yang kurang mampu, namun belum tercover program UHC, maka akan langsung diurus.

"Saya instruksikan Kadinkes untuk sosialisasi ke RS sampai puskesmas. Pastikan semua pegawai yang berhubungan dengan pasien secara langsung, bisa membantu masyarakat secara langsung. Juga Kadinsos untuk terus update data pasien apabila ternyata di kemudian hari masih ada warga yang belum tercover, saya minta langsung diurus," tegasnya.

Selanjutnya, per Januari 2023, Gus Irsyad tak ingin lagi mendengar pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang lambat dengan alasan administrasi BPJS yang mati atau soal Surat Keterangan lainya. Sebaliknya, selama pasien bisa menunjukan KTP kabupaten Pasuruan, pasti segera mendapat pelayanan kesehatan.

Baca Juga: BNPB Salurkan Rp 150 Juta Bantuan untuk Kabupaten Pasuruan

"Saya jamin untuk warga yang sangat membutuhkan layanan kesehatan, mulai januari 2023, cukup dengan menunjukkan KTP asli warga Kabupaten Pasuruan, akan langsung terlayani," harapnya.

Lebih lanjut kepala daerah bergelar doktor ini menambahkan bahwa layanan kesehatan gratis yang bisa dimanfaatkan masyarakat adalah layanan dasar kelas III.

Oleh karenanya, apabila ada warga yang menginginkan untuk naik kelas, maka program ini tidak berlaku.

"Yang penting kami semaksimal mungkin bisa menggratiskan biaya berobat seluruh warga Kabupaten Pasuruan yang sangat membutuhkan jaminan kesehatan," pungkasnya. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU