21 Rumah di Banyuwangi Rusak Akibat Angin Puting Beliung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 11 Okt 2022 19:31 WIB

21 Rumah di Banyuwangi Rusak Akibat Angin Puting Beliung

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Puluhan rumah di Desa Sidowangi, Wongsorejo, Banyuwangi rusak usai diterjang angin puting beliung.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Fasilitasi Mudik Gratis dari Bali

Angin puting beliung menerjang Desa Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo sekitar pukul 14.00 WIB, Selasa (11/10/2022). Kepala Desa Sidowangi, Muansin membenarkan kejadian tersebut. Angin menyapu atap beberapa rumah di wilayah tersebut.

"Betul, angin puting beliung datang tiba-tiba sekitar jam 2 siang," katanya kepada wartawan.

Muansin menyebut, angin puting beliung yang terjadi di wilayahnya berlangsung singkat namun berdampak fatal. Belasan rumah warga Dusun Pancoran, Desa Sidowangi dilaporkan mengalami kerusakan akibat bencana tersebut.

"Data sementara, ada sekitar sepuluh sampai belasan rumah warga rusak," ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Plt Kalaksa BPBD Banyuwangi, Ilzam Nuzuli mengaku telah menerima laporan kejadian bencana angin puting beliung di Desa Sidowangi. Pihaknya telah menerjunkan tim reaksi cepat (TRC) untuk menuju TKP.

Tim tersebut akan melakukan asesmen kejadian puting beliung. BPBD Banyuwangi juga menerjunkan sejumlah alat manual untuk melakukan pembersihan serta pembenahan.

"Kami sedang melakukan asesmen untuk penanggulangan, serta membawa paket sembako yang akan diberikan kepada para masyarakat yang terdampak bencana," sebut Ilzam.

Dari hasil laporan yang ia terima, lanjut Ilham, tidak ada korban dalam musibah ini. Namun 21 rumah warga yang dilalui angin puting beliung mengalami kerusakan ringan hingga berat.

"Korban jiwa nihil. Sementara rumah yang terdampak sebanyak 21 unit, 4 di antaranya rusah parah dan 17 rumah rusak ringan," tutupnya.

Baca Juga: Bupati Ipuk Ngantor di Desa Bumiharjo

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU