2.154 Lansia di Situbondo Dapat PKH Plus

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 25 Apr 2021 17:59 WIB

2.154 Lansia di Situbondo Dapat PKH Plus

i

Bupati Situbondo secara simbolis menyerahkan bantuan PKH Plus kepada para lansia.

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Sebanyak 2.154 orang warga lanjut usia (lansia) di Situbondo menerima Program Keluarga Harapan Plus dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Nantinya, para lansia penerima program PKH akan mendapat Rp 2.000.000 per tahun yang dicairkan melalui rekening Bank Jatim setiap tiga bulannya.

Baca Juga: Pemkab Situbondo Gelar Gerakan Pangan Murah

"PKH Plus ini baru pertama dan tahap pertama di Situbondo, yang diberikan kepada lansia," kata Bung Karna, sapaan akrab bupati, usai peluncuran PKH Plus di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu (25/4).

"Bantuan Rp 2.000.000 itu dicairkan tiga bulan sekali. Jadi, setiap tiga bulan bisa menerima Rp 500.000, dan pada hari ini baru tahap pertama penyalurannya," imbuhnya.

Baca Juga: Menyeberang ke Madura, Pelabuhan Jangkar Situbondo Mulai Batasi Kendaraan Logistik

Bupati berharap dengan adanya bantuan ini mampu menekan angka kemiskinan di Situbondo, yang terus mengalami kenaikan akibat dampak dari pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum usai.

Sementara itu, Koordinator PKH Kabupaten Situbondo Agus Ari Cahyadi menjelaskan bahwa lansia yang mendapatkan PKH Plus merupakan komponen dari penerima PKH Kemensos RI.

Baca Juga: Remaja di Situbondo Jadi Korban Ledakan Mercon, Racik Sendiri dari Tutorial Youtube

"Yang sudah dapat PKH dari Kemensos, jika ada komponen lansia berusia di atas 70 tahun, maka beliau dapat bantuan tambahan PKH Plus yang bersumber dari APBD Jawa Timur," tuturnya.

Agus menyebutkan, tahun pertama penyaluran PKH Plus di Situbondo hanya ada 7 persen dari jumlah KPM PKH 38.512 orang. Untuk tahun berikutnya, pendamping PKH dan pemerintah daerah setempat akan berupaya menambah jumlah penerima manfaat.

Tahap pertama penyaluran PKH Plus, sebanyak 85 orang lansia menerima perdana di Pendopo Kabupaten Situbondo, yang penyalurannya melalui Bank Jatim, yang memang disediakan untuk melayani langsung para lansia.

Untuk tahap berikutnya akan dimulai pada tanggal 1 Mei 2021 hingga selesai, yang akan dibagikan di setiap kantor kecamatan.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU