27 Wartawan Ikuti UKW KWG-Smelting Angkatan I

Direktur LUKW Prodi Ilmu Komunikasi FISIP-UMJ Tria Patrianti saat membuka kegiatan UKW KWG-Smelting. SP

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Sebanyak 27 wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan I yang diselengarakan oleh Komunitas Wartawan Gresik (KWG) kerjasama dengan PT Smelting, Sabtu (25/9) dan Minggu (26/9).

Ketua KWG, M Syuhud Almanfaluty menyampaikan bahwa para peserta sebagian besar adalah jurnalis yang bertugas di Kabupaten Gresik dan merupakan anggota KWG.

Dari 27 peserta, dua diantaranya mengikuti level utama, tiga madya, dan 22 lainnya level muda.

"Untuk tim penguji, kami menggandeng LUKW (Lembaga Uji Kompetensi Wartawan) Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Univesitas Muhammadiyah Jakarta," ujarnya.

Syuhud menjelaskan, UKW merupakan ikhtiar organisasi untuk meningkatkan kompetensi bagi anggotanya. Mengingat tugas utama wartawan tidak hanya menyampaikan infomasi, tapi juga mengedukasi publik sehingga diperlukan kompetensi khusus.

"Kalau sekedar share informasi, netizen sudah bisa melakukannya melalui media sosial, tidak bisa dipastikan kebenarannya. Tapi bagi seorang jurnalis harus mampu menginformasikan kebenaran dan berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ)," tandasnya.

Syuhud menambahkan, kompetensi bagi wartawan semakin penting karena kemajuan teknologi saat semakin pesat. Jika seorang jurnalis tidak mampu menjadikan tantangan ini sebagai peluang, maka mereka akan tertinggal.

Sedangkan, Section Manager General Affairs PT Smelting, Indra Setya Wibowo Junor mengapresiasi kerjasama yang terjalin dengan KWG. Ia pun berharap kolaborasi ini bisa ditingkatkan.

"Saya berbangga bisa membantu teman-teman jurnalis untuk meningkatkan kompetensi. Saya beharap ada hubungan lebih dekat antara perusahaan dengan wartawan," tandasnya.

Sementara, Direktur LUKW Prodi Ilmu Komunikasi FISIP-UMJ, Tria Patrianti mengaku pihaknya memiliki tanggungjawab meningkatkan SDM jurnalis.

"Saya berharap teman-teman jurnalis memiliki semangat positif," tutupnya.