27.138 Peserta UTBK SBMPTN Absen, Otomatis Gugur

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Apr 2021 11:06 WIB

27.138 Peserta UTBK SBMPTN Absen, Otomatis Gugur

i

Lebih dari 27 ribu peserta otomatis gugur karena absen atau tidak hadir saat ujian. SP/PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI,Surabaya – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahap pertama telah selesai digelar. Namun dalam ujian tersebut sebanyak  lebih dari 27 ribu peserta secara otomatis gugur karena absen atau tidak hadir saat ujian.

Diketahui, peserta yang mengikuti UTBK tahap pertama hanya 444.380 orang dari total 471.518 peserta se-Indonesia. “Untuk tahap satu yang tidak hadir 27.138 secara nasional. Sehingga, tingkat kehadirannya 94,28 persen,” ujar Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof Mohammad Nasih, kemarin.

Baca Juga: Aksi Ksatria Muda Airlangga, Tandingan UNAIR Memanggil?

Alasan ketidakhadiran peserta di ruangan ujian, menurut Nasih, berbagai macam. Sampai hari ini, Nasih belum menerima laporan adanya peserta yang berhalangan hadir karena jadi pasien Covid-19.

“Kami belum dengar laporannya (peserta berhalangan karena Covid-19) dari berbagai panitia UTBK, tetapi itu sepenuhnya menjadi kewenangan dari pusat,” ujarnya.

Nasih menegaskan, tidak ada kesempatan kedua bagi peserta yang tidak hadir mengikuti UTBK. Kebijakan itu diambil demi keadilan bagi peserta yang mendaftar dalam gelombang kedua.

“Kami tidak bisa mengakomodasi itu untuk memberikan kesempatan pada semuanya. Prinsipnya di situ,” kata Nasih.

Baca Juga: Keresahan atas Pelaksanaan Pilpres 2024, Dirasakan juga oleh Puluhan Dosen Unair dan Unesa

Meski cukup banyak peserta yang tidak hadir saat ujian, tingkat kehadiran peserta dalam UTBK SBMPTN tahap pertama ini menurut Nasih masih lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

Secara persentase, tingkat kehadiran peserta lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 90 persen. Sebab pada gelombang pertama tahun ini mencapai 94 persen.

“Ya, syukurlah. Berarti, meski di tengah pandemi, peserta ini masih semangat. Tentunya kami juga memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat. Dan hasil screening secara acak tidak ada yang positif,” ujarnya.

Baca Juga: Akademis UNAIR Siap Gelar Aksi Protes untuk Jokowi

Jumlah peserta di tahap pertama pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 ini baru sekitar 65 persen dari total peserta SBMPTN tahun ini. Sisanya, 35 persen, akan mengikuti UTBK tahap kedua.

Rencananya, UTBK SBMPTN tahap kedua akan digelar pada 26 April-2 Mei 2021 mendatang. Nasih berharap, tingkat kehadiran peserta di gelombang kedua nanti juga tinggi. na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU