2,79 Juta Perempuan di Jatim Berstatus Janda Akibat Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 26 Agu 2021 14:11 WIB

2,79 Juta Perempuan di Jatim Berstatus Janda Akibat Covid-19

i

Selama pandemi Covid-19 perempuan di Jawa Timur (Jatim) berstatus janda sebanyak 2,79 juta orang. SP/IST

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sebanyak 2,79 juta perempuan di Jawa Timur (Jatim) berstatus janda. Selain angka perceraian yang tinggi di Jatim, dalam satu semester terakhir banyaknya suami mereka yang meninggal dunia akibat Covid-19.  

Jumlah tersebut merupakan 20 persen dari total jumlah keluarga di Jawa Timur sebanyak 13,82 juta keluarga." Kota Surabaya menjadi wilayah terbanyak perempuan berstatus janda," ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Jatim Ardiyanto, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga: Ada Kemungkinan Akhir 2022, PPKM Berhenti

Ardiyanto menuturkan, selama pandemi Covid-19 perempuan yang ditinggal meninggal suaminya juga menjadi jadi single parent.  Para janda tersebut terpaksa menjadi orang tua tunggal bagi anak-anak mereka.

Ardiyanto menyebut, kondisi ini dapat memicu stres yang tinggi bagi mereka, terutama dalam masalah ekonomi.  "Khusus Covid-19 ini akhirnya banyak perempuan memilih jadi single parent ini harus jadi perhatian pemerintah juga," katanya

Baca Juga: Riset: Tumbuhan Pegagan Embun Bisa Cegah Infeksi Covid-19

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Jawa Timur mengaku, telah memberikan pelatihan-pelatihan demi mendukung ekonomi keluarga.

“BP3AK banyak Provinsi Jawa Timur banyak sekali memberikan pelatihan-pelatihan kewirausahaan. Kita juga membina industri rumahan, dimana kepala industri tersebut adalah kaum perempuan”, tuturnya.

Baca Juga: Kasus Omicron XBB Terus Naik, Menkes Budi Tenangkan Warga

Adapun daftar urutan data perempuan berstatus janda di Jatim yakni, terbanyak di Kota Surabaya. Kemudian disusul Banyuwangi, Jember dan Kota Malang. Sementara data kasus warga meninggal karena Covid-19 di Jatim hingga Rabu (25/8/2021) mencapai 27.326 orang.sb3/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU