3 Anggota Gangster Ditangkap saat Tawuran, 1 Bawa Pil Koplo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 02 Mar 2023 21:06 WIB

3 Anggota Gangster Ditangkap saat Tawuran, 1 Bawa Pil Koplo

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Gangster di Surabaya, terus dipersempit ruang geraknya oleh aparat kepolisian. Terbaru, tiga anggota gangster di Surabaya yang tengah terlibat tawuran dan meresahkan masyarakat ini, berhasil diamankan.

Mereka terlibat tawuran di Jalan Rajawali. Selain mengamankan para pelaku, petugas juga mengamankan barang bukit berupa senjata tajam.

Baca Juga: Cegah Perang Sarung dan Tawuran saat Ramadan, Satpol PP Surabaya Gencarkan Patroli Asuhan Rembulan

Tiga orang yang diamankan yakni N (16), VI (27) dan RP (16). Mereka diamankan anggota Sat Intelkam Polrestabes Surabaya pada Kamis (2/3) sekitar pukul 06.00 WIB.

Kasat Intelkam Polrestabes Surabaya AKBP Edi Hartono mengatakan tawuran yang terjadi bermula dari antardua kelompok gangster yang janjian tawuran di media sosial. Kedua akun gangster tersebut yakni teamorangstres.sby VS remaja216official_.

Saat pecah tawuran, salah seorang dari mereka ada yang terkena bacok. Korban diketahui berasal dari Mojokerto. Mengetahui ada tawuran tersebut, pihaknya langsung ke lokasi untuk membubarkan dan menangkap tiga orang.

"Saat itu petugas dari Sat Intelkam Polrestabes dan tim datang ke TKP melakukan pembubaran aksi tawuran tersebut dan mengamankan 3 orang dengan barang bukti 1 balok kayu dan 2 sajam berupa Celurit panjang," kata Edi.

Menurut Edi, saat dibubarkan kedua kelompok ternyata sempat melakukan perlawanan kepada petugas. "Kedua kelompok tersebut juga sempat melawan dan menabrak petugas saat melakukan pembubaran dan penangkapan," ujar Edi.

Dari hasil pemeriksaan, salah satu dari tiga yang diamankan diketahui menggunakan pil koplo saat tawuran. Saat ini, ketiga anggota gangster telah diserahkan ke Sat Reskrim Polrestabes Surabaya.

Dalam data yang didapat Surabaya Pagi aksi tawuran antar gangster di Surabaya masih kerap terjadi meski telah berulang kali ditindak aparat kepolisian.

Baca Juga: Warga Dukuh Kupang Digegerkan Penemuan Jenazah Bayi Perempuan Terbungkus Kresek Hitam

Mirisnya dari sekian banyak pelaku yang diamankan polisi tak jarang melibatkan remaja yang masih berstatus pelajar.

Bahkan belum lama ini terungkap aksi gangster yang cukup meresahkan hingga Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi turun langsung dalam operasi untuk menindak gangster di Surabaya pada awal Desember 2022 lalu.

Dalam razia gabungan yang melibatkan aparat dari Pemkot, Polri, TNI, hingga ormas itu berhasil mengamankan sebanyak 26 orang yang diduga anggota gangster.

Patroli dilakukan di sejumlah titik. Mulai dari Jalan Dharmahusada, Arif Rahman Hakim, Mulyorejo, Sutorejo, Lebak Jaya, hingga Gubeng, Surabaya.

Baca Juga: Kasus Tabrak Lari Ambulans Berlogo Partai Berakhir Damai

Cak Eri menambahkan, beberapa remaja yang ikut dalam aksi tersebut bukan 100 persen warga Surabaya. Oleh karena itu, dia juga berkoordinasi kepada kepala daerah se-Surabaya Raya untuk bersama menumpas habis aksi-aksi yang meresahkan masyarakat.  

"Kami sudah lakukan koordinasi kepada Bupati Sidoarjo dan Bupati Gresik, juga melakukan langkah yang sama. Jangan sampai nanti di Kota Surabaya sudah tuntas, malah terjadi di kota lainnya," ujar dua.

Ia mengatakan pemkot akan menyiapkan sekolah kebangsaan untuk para anggota gangster yang berhasil diamankan.

"Saya sebelumnya menyampaikan kepada Pak Kapolrestabes, ketika ketua geng-nya sudah ditangkap, maka akan mudah mendapatkan data anak buahnya. Nanti akan kami datangi semua rumahnya, bukan untuk diapa-apakan loh ya, tapi kami ikutkan sekolah kebangsaan, kami bentuk karakternya," kata Wali Kota Eri. ari/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU