3 Rampok Spesialis Uang Nasabah Dilumpuhkan Polisi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 08 Nov 2020 21:10 WIB

3 Rampok Spesialis Uang Nasabah Dilumpuhkan Polisi

i

Ketiga pelaku perampokan saat diamankan usai dilumpuhkan polisi karena melawan.

 

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Tiga komplotan bandit asal Bengkulu spesialis perampokan nasabah bank berhasil diringkus Jajaran Satreskrim Polres Kediri. Karena melawan saat dilakukan penangkapan, polisi terpaksa dihadiahi timah panas kepada ketiga tersangka.

Baca Juga: Dipenuhi Kejanggalan, Saksi Perampokan Tragis di Desa Imaan Gresik Ditemukan Tewas di Kebun Jagung

Kasatreskrim Polres Kediri AKP Gilang Akbar mengatakan, penangkapan ketiga pelaku berawal dari laporan Anis Nurhayati (42) warga Dusun Prambatan, Desa Padangan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, Jumat (6/11/2020). Anis Nurhayati menjadi korban perampokan di rumahnya setelah mengambil uang dari bank.

"Anggota Resmob langsung melakukan penyelidikan. Alhamdulilah, belum genap 24 jam tiga pelaku berhasil diamankan," ucap AKP Gilang, Minggu (8/11/2020).

Ketiga pelaku asal Bengkulu itu ialah Edo Fradisa (24) warga Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Sindang Kelinci; Dion Feri Saputra (30) warga Dusun II Desa Bengko, Kecamatan Sindang Dataran; dan Joni (31) warga Desa IV Suku Menanti Kecamatan, Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong.

AKP Gilang menerangkan, awalnya korban (Anis) mengambil uang sebesar Rp 185 juta di salah satu bank di wilayah Kecamatan Pare, sendirian. Korban datang ke bank mengendarai mobil Honda Jazz warna hijau muda.

Kemudian, lanjut AKP Gilang, korban pulang. Setiba di rumah, korban memarkir kendaraannya di garasi. Saat korban keluar dari mobil, tiba-tiba dihampiri seorang laki-laki memakai jemper warna abu-abu dengan penutup muka (masker), yang langsung merebut tas yang dibawa korban.

Baca Juga: Kejanggalan Kematian Tragis Ibu Muda di Gresik Tewas Dirampok, Gelagat Ekspresi Suami Mulai Disorot

"Korban spontan kaget, tiba-tiba ada orang merebut tasnya. Bahkan korban dengan pelaku sempat terjadi tarik menarik hingga akhirnya korban terjatuh," terang AKP Gilang.

Masih menurut AKP Gilang, pelaku yang berhasil merampok uang korban langsung kabur. Dari hasil olah TKP, ditemukan ban belakang sebelah kanan mobil korban kempis akibat paku payung.

Usai kejadian tersebut, korban melapor ke polisi. Petugas Resmob Satreskrim Polres Kediri menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan serangkaian penyelidikan untuk mengejar pelaku.

Baca Juga: Gegera Hindari Kijang Innova yang Ngantuk, Bus Harapan Jaya Terperosok ke Sawah, 12 Orang Luka

Alhasil, masih kata AKP Gilang, ketiga pelaku berhasil diringkus di Terminal Bus Kota Kediri hendak pulang ke Bengkulu. Pada saat penyergapan, ketiga pelaku ini sempat melakukan perlawanan terhadap petugas. Akhirnya petugas melumpuhkan ketiga pelaku dengan menembak kakinya.

Dari hasil interogasi, para pelaku mengakui telah melakukan kejahatan di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Kediri, Kediri Kota, Blitar, Trenggalek, dan Tulungagung. Komplotan bandit ini spesialis merampok uang nasabah Bank.

Ditambahkan oleh AKP Gilang, masing-masing pelaku berbagi peran dalam melakukan aksinya. Satu masuk di bank berpura-pura jadi nasabah untuk mengintai sasaran, satu mengawasi di luar, dan satunya membuntuti korban.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU