3 Sarang Tawon Ndas di Tempat Wisata Dievakuasi

Petugas saat mengevakuasi sarang tawon ndas.

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - 3 sarang tawon vespa affinis (tawon ndas) yang berada di tempat wisata di Lamongan dievakuasi petugas PMK Lamongan. Keberadaan sarang tawon ini dianggap membahayakan pengunjung dan warga sekitar.

Sarang tawon vespa itu berada di dahan pohon jati dengan ketinggian sekitar 10 meter. Evakuasi terhadap sarang tawon sebesar bayi manusia itu dilakukan pada malam hari ketika tidak ada pengunjung.

"Kami menerjunkan 6 personel kami untuk mengevakuasi sarang tawon yang ada di salah satu lokasi wisata tersebut dan kami lakukan pada malam hari," kata Kabid Pemadam Kebakaran Lamongan, Amri kepada wartawan, Minggu (3/10/2021).

Dikatakan Amri, sarang tawon yang dievakuasi di lokasi wisata ini tidak hanya satu tapi 3 sarang yang semuanya berada di ketinggian pohon jati. Proses evakuasi, menurut Amri, dilakukan dengan terlebih dahulu menyemprotkan cairan khusus untuk kemudian dibakar dan naik menggunakan alat bantu yang dibawa Damkar Lamongan.

"Evakuasi dilakukan dengan cara dibakar karena posisinya sangat tinggi, kira-kira 10 meter di atas pohon dan alhamdulillah evakuasi berjalan dengan lancar," ujar Amri.

Posisi sarang yang diakui cukup tinggi sehingga tidak memungkinkan untuk evakuasi hanya dengan memanjat pohonnya. Makanya, lanjut Amri, tim melibatkan mobil Damkar yang memiliki tangga hidrolis dengan jangkauan cukup tinggi dan evakuasi berjalan selama kurang lebih 1 jam.

"Kondisi sarang tawon Vespa ini sudah matang dan sangat berbahaya. Beruntung ada yang melaporkan ke petugas Damkar," imbuhnya.

Amri menambahkan, tawon yang biasa disebut tawon ndas ini berbahaya jika menyengat manusia karena bisa mengakibatkan kematian. Untuk itu, Amri mengimbau warga untuk segera melapor jika di lingkungan sekitar terdapat sarang tawon jenis tersebut.

"Sebelum ini kami juga sudah berpuluh-puluh kali melakukan evakuasi sarang tawon ini," tambah Amri sambil terus mengimbau warga untuk tetap waspada dan hati-hati jika menjumpai sarang tawon ini.