3.154 CJH Indonesia Mulai Penuhi Makkah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 14 Jun 2022 20:11 WIB

3.154 CJH Indonesia Mulai Penuhi Makkah

i

Rombongan calon jamaah haji (CJH) Indonesia di Mekkah mulai menjalani ibadah umroh. Mereka akan berada di Mekkah hingga puncak haji 7-9 Juli mendatang.

SURABAYAPAGI.COM, Makkah - Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan, fase kedatangan jamaah haji di Makkah Al-Mukarramah sudah berlangsung dua hari. Ada 3.154 jamaah yang telah diberangkatkan dari Madinah dan saat ini sudah tiba di Makkah, kota kelahiran Nabi Muhammad SAW.

"Jamaah yang telah diberangkatkan dari Madinah dan tiba ke Makkah sampai saat ini sebanyak delapan kloter dengan jumlah 3.154," kata Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Akhmad Fauzin, dari rilis yang diterima Surabaya Pagi, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: Bertemu Arab Saudi, Dirjen Imigrasi Usul Layanan Istimewa Jamaah Haji di Bandara Solo dan Surabaya

Akhmad mengatakan, jamaah yang diberangkatkan pada gelombang pertama ini akan berada di Makkah sampai dengan puncak haji (Arafah – Muzdalifah – Mina) untuk kemudian kembali ke Tanah Air. Sementara itu, PPIH telah menyiapkan layanan akomodasi jamaah haji Indonesia selama di Makkah.

Menurutnya, hotel jamaah di Makkah terbagi dalam lima wilayah. Yaitu Misfalah (jarak dari Masjidil Haram sekitar 2 km), Mahbas Jin (sekitar 2 km), Jarwal (sekitar 850 m), Raudhah (sekitar 3,5 km), dan Syisyah (sekitar 4 km).

"Setiap akomodasi tersedia fasilitas kamar tidur dengan kamar mandi di dalam, ruang makan, mushola, mesin cuci dan tempat menjemur pakaian," jelas Fauzin yang juga Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag.

Ia menambahkan, disiapkan juga petugas kebersihan dan petugas keamanan akomodasi. Jamaah haji juga akan mendapatkan air zam zam dan air mineral satu liter per orang setiap harinya.

Baca Juga: Jemaah Lansia Berhaji Tahun 2024, Turun

Fauzin menegaskan bahwa kualitas layanan akomodasi jamaah haji Indonesia setara dengan hotel bintang tiga. Karenanya, dia mengimbau jamaah agar dapat menjaga kebersihan kamar dan ruangan lainnya, membuang sampah pada tempatnya, tidak memasak di dalam kamar, tidak merokok di kamar tidur, dan tidak membuat jemuran di kamar. "Simpan barang berharga di tempat yang disediakan. Jangan segan bertanya dan berkonsultasi dengan petugas kloter dan sektor jika mendapatkan kesulitan. Ayo patuhi tata tertib yang ada di setiap akomodasi atau hotel," ujarnya.

Untuk memudahkan aktifitas jamaah beribadah di Masjidil Haram, Fauzin mengatakan, pemerintah telah menyediakan bus shalawat. Yaitu bus yang siap mengantar jamaah ke dan dari Masjidil Haram.

"Layanan ini beroperasi selama 24 jam, sehingga jamaah tidak perlu khawatir dan tidak perlu memaksakan diri dengan berjalan kaki atau naik taksi. Jangan lupa pesan kami, kenali hotel atau akomodasinya, catat dan ingat-ingat nomor akomodasinya serta bus shalawatnya,” ujarnya.

Baca Juga: 40.000 Jemaah Lansia, Berhaji Tahun 2024

Fauzin menambahkan, proses keberangkatan jamaah haji gelombang pertama ke Madinah masih terus berlangsung. Kemenag mencatat, ada 25.929 jamaah yang telah diberangkatkan ke Kota Nabi. Untuk hari ini, akan kembali diberangkatkan 2.809 jamaah yang tersebar di tujuh kloter dari lima embarkasi.

Masing-masing dua kloter berangkat dari Embarkasi Jakarta – Pondok Gede atau JKG (786 jemaah) dan Jakarta – Bekasi atau JKS (820). Masing-masing satu kloter berangkat dari Embarkasi Banjarmasin atau BDJ (360), Medan atau MES (393), dan Surabaya atau SUB (450). jk/er/hj

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU