33 Pasien Covid-19 di RSLI Dinyatakan Sembuh, 2 Orang Varian Delta

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 21 Jun 2021 19:23 WIB

33 Pasien Covid-19 di RSLI Dinyatakan Sembuh, 2 Orang Varian Delta

i

Pasien covid-19 di RSLI yang dinyatakan sembuh pada Senin (21/6). SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya hari ini, Senin (21/06/2021) mewisudakan 33 pasien covid-19 dari berbagai kluster.

Dari 33 orang yang dinyatakan sembuh oleh Dokter Penanggungjawab Pasien (DPJP), 2 diantaranya adalah pasien covid-19 varian baru stain India yakni Delta B.1.617.2.

Baca Juga: Imigrasi I Surabaya Berhasil Terbitkan Hampir 10 Ribu Paspor

"33 pasien yang KRS [keluar rumah sakit] hari ini terdiri dari 2 orang PMI, 7 umum dan 24 orang dari klaster Bangkalan. Dimana dua orang diantaranya adalah pasien yang kemarin terkonfirmasi varian baru Delta, yakni Mr. M dan Mr. N," kata Penanggungjawab RSLI Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Senin (21/06/2021).

Dua pasien varian delta tersebut, masuk rumah sakit pada 6 Juni 2021. Setelah menjalani perawatan selama kurang lebih 15 hari, kedua pasien tersebut dinyatakan sembuh dan diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Secara perawatan kata Nalendra, penanganan pasien varian baru hampir sama dengan pasien covid-19 pada umumnya. Obat-obatan dan terapinya pun sama.

"Penanganan hampir sama. Yang membedakan hanya lokasinya. Ada tempat khusus untuk pasien varian baru. Kita lakukan ini agar tidak menulari pasien lain," ucapnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

Berdasarkan kejadian ini, ia tegaskan agar masyarakat tidak khawatir dengan virus covid-19 varian baru. Karena virus varian baru pun bisa disembuhkan dengan perawatan yang holistik.

"Dengan demikian dapat dikatakan bahwa RSLI telah berhasil menangani dan menyembuhkan pasien dengan varian baru Delta," katanya

Terkait varian baru sendiri, sebelumnya RSLI juga sempat menangani dua pasien klaster pekerja migran Indonesia (PMI) dengan jenis virus B.117 (Strain Inggris) dan B.1351 (strain Afrika Selatan). Kedua pasien ini telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan untuk pulang.

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

Hingga hari ini, jumlah pasien yang masih dirawat di RSLI adalah sebanyak 341 orang dari berbagai kluster. Untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebanyak 58 orang, klaster Madura sebanyak 204 orang, dan umum ataupun mandiri sebanyak 79 orang. 

Jumlah ini belum ditambah dengan pasien yang antri masuk (inden) sebanyak 65 orang. Secara kapasitas, jumlah tempat tidur yang ada di RSLI adalah sebanyak 410 bed. sem

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU