3.489 Mahasiswa Baru Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Untag Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Agu 2022 16:56 WIB

3.489 Mahasiswa Baru Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Untag Surabaya

Baca Juga: Untag Surabaya: Tolak Politik Dinasti dan Intimidasi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya kembali menyambut ribuan calon mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 melalui serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).
 
Setelah dua tahun digelar secara daring, tahun ini untuk pertama kalinya Untag Surabaya menggelar secara luring yang diadakan selama empat hari mulai 21-24 Agustus 2022.
 
Dengan mengusung tema ‘Saya Untag Surabaya, Saya Patriot Indonesia’, Rektor Untag Surabaya Prof. Dr. Mulyanto Nugroho memimpin langsung upacara pembukaan, pemberian penghargaan kepada tujuh mahasiswa berprestasi, sekaligus penandatanganan empat Pakta Integritas oleh tujuh perwakilan dari 3.489 calon mahasiswa baru di Lapangan Utara Untag Surabaya.
 
Dalam kesempatan itu, ketujuh perwakilan tersebut mengenakan baju adat dari berbagai daerah di 
Nusantara sebagai representasi Bhineka Tunggal Ika. Sebagai kampus patriotik yang lahir atas inisiasi Bung Karno, Untag Surabaya siap menjadi wadah bagi patriot merah putih untuk berkarya secara maksimal di era Merdeka Belajar Kampus Merdeka.
 
“Untag Surabaya siap mendampingi dan menjadi wadah bagi para mahasiswa baru untuk meraih cita-cita dan memupuk solidaritas," kata Rektor Untag Surabaya dalam sambutannya.
 
"Nikmati waktu belajar, waktu menambah kawan, menambah saudara, mengenal ragam budaya di kampus Untag Surabaya yang dimulai dari mengikuti PKKMB ini dengan semangat patriot yang tidak hanya mampu berwacana namun bertindak,” ia melanjutkan.
 
Sementara itu, Ketua Pelaksana PKKMB 2022 Dra. Ec. Ida Ayu Sri Brahmayanti mengatakan program PPKMB ini adalah moment penerimaan atas perbedaan, yang artinya diharapkan mahasiswa baru Untag Surabaya saling merangkul, bersinergi, dan berkolaborasi untuk mencapai prestasi terbaik.
 
”Adik-adik mahasiswa baru harus selalu bersemangat dalam menghadapi tantangan sebagai generasi muda penerus bangsa yang akan memajukan bangsa ini," kata Yanti yang juga sebagai Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untag Surabaya.
 
"Tidak hanya cerdas tapi harus tangguh, berkepribadian baik, toleransi, taat pada aturan, cinta tanah air, bangsa, dan kampus Untag Surabaya, sesuai dengan tema PKKMB Tahun 2022 Saya Untag Surabaya Saya Patriot Indonesia,” ia menambahkan.
 
Rangkaian acara PKKMB terdiri dari orasi ilmiah dan pembekalan dari pimpinan Untag Surabaya hingga  tokoh nasional. Pembekalan ini berisikan Anti Napsa yang dibawakan oleh dr. Singgih Widi Pratomo yang  merupakan Kasi Rehabilitasi BNN Kota Surabaya/ Konselor Adiksi Ahli Muda, Materi Spiritual Kebangsaan yang diisi oleh Askan Setiabudi.
 
Selain itu, calon mahasiswa baru juga mendapatkan materi Pengenalan Sistem Akademik Universitas dan Fakultas, Orientasi Kehidupan Kampus (OKK), Materi Wawasan Kebangsaan (toleransi menangkal 
radikalisme), Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM).
 
Adapula Materi Anti Kekerasan dan Anti Perundungan, Sosialisasi Nilai Dasar Untag Surabaya (kejujuran, kecerdasan, kebangsaan, keberagaman dan kreativitas), Sosialisasi Merdeka  Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sampai penampilan dan eksibisi Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan pad 24 Agustus 2022 mendatang ditutup dengan upacara pengukuhan mahasiswa. res

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU