36 warga di Krukut Jakarta Barat terpapar Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 09 Jan 2022 13:29 WIB

36 warga di Krukut Jakarta Barat terpapar Covid-19

i

Covid-19. Foto: Dairikab

SURABAYA PAGI, Jakarta – Topik Covid-19 masih menjadi topik hangat dan terus diperbincangkan. Klaster baru sebanyak 36 orang muncul di Kelurahan Krukut, Jakarta Barat. Hal ini terungkap setelah adanya warga yang terkonfirmasi suspek Covid-19 varian omicron yang membuat pihak kesehatan setempat melakukan tracing. Tak disangka, dari tracing itu ditemukan 36 warga lain di Kelurahan Krutut positif Covid-19.

 

Baca Juga: Kasus Omicron XBB Terus Naik, Menkes Budi Tenangkan Warga

Lurah Krukut, Ilham Nurkarin menyampaikan, satu warganya berinisal R (55) terkonfirmasi suspek Covid-19 varian omicron dari hasil tes swab PCR pada 5 Januari 2022.

 

"Suspeknya R (55) perjalanan ke luar kota sempat datang ke RSUK Taman Sari, hasilnya positif. Kemudian dari hasil Whole Genome Sequencing (WGS) dinyatakan terpapar omicron " ujar Ilham.

Ilham menjelaskan, R tidak memiliki riwayat perjalanan keluar negeri.

 

"Kalau omicron berarti transmisi lokal. Tapi, sejauh ini masih suspek. Saat ini sudah berada di RSDC Wisma Atlet," lanjutnya.

 

Jumlah tersebut masih bisa bertambah karena tracing atau pelacakan kontak erat akan dilakukan lagi. Berawal dari suspek Omicron Kepala Satuan Pelaksana Kelurahan Krukut, Nuryadin mengatakan, tracing awalnya dilakukan terhadap puluhan warga RW 002 Krukut pada Kamis (6/1/2022).

 

"Dari puluhan warga yang dites, ada 13 orang dinyatakan positif dan sudah dibawa ke Wisma Atlet, Saya belum tau positifnya (tertular varian) apa, intinya dites itu hasilnya positif dan langsung dibawa ke Wisma Atlet," ujar Nuryadin, Jumat (7/1/2022).

 

Baca Juga: Puncak Omicron XBB, Desember-Januari

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, baru diketahui, ternyata warga yang baru saja pulang dari luar kota itu suspek Omicron.

 

"Jadi yang bersangkutan sepulang perjalanan ke luar kota, ada keluhan gejala. Dia langsung ke rumah sakit dan hasilnya positif Covid-19," kata Lurah Krukut Ilham Nurkain, Sabtu (8/1/2022).

 

Ilham mengatakan, dari hasil pemeriksaan Covid-19 tersebut, pihak Puskesmas Tamansari mengajukan uji sampel varian virus tersebut. "Dari hasil swab, diajukan ke Labkesda untuk menguji variannya. Arahnya suspek Omricon," kata Ilham.

 

Baca Juga: Menkes Akui Mutasi SARS-CoV-2 Omicron Subvarian XBB, Biang Kerok Naiknya Covid-19

Hingga Minggu (9/1/2022), total ada 36 warga Krukut terkonfirmasi positif Covid-19 berasal dari satu orang suspek Omicron. "Total 36 orang dengan pasien pertama tersebut, satu Ibu hamil dirujuk ke RS Pelni, dan satu orang di RS Tamansari," tutur Ilham.

 

Ilham menambahkan, pihak kesehatan akan melanjutkan proses tracing pada Senin, 10 Januari 2022.

"Mungkin bisa dilaksanakan besok (hari ini) atau Senin (10/1/2022)," kata Ilham. Pengetatan mobilisasi warga di sekitar lingkungan pasien Covid-19 dilakukan untuk menghindari penyebaran yang semakin meluas.

 

"Pengetatan mobiltas warga bersama tiga pilar, bersama Babinsa, Binmas. Dan pasien juga kami persuasi agar mau mengisolasi diri di Wisma Atlet," tutup Ilham. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU