370 Atlet Ikuti Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya 2022

Atlet panjat tebing berkompetisi pada Kejurnas Piala Wali Kota Surabaya 2022 di Climbing Wall Center FPTI Surabaya. Foto: SP/Ariandi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022 pada tanggal 3 - 5 November 2022. Kejurnas yang berlangsung di Climbing Wall Center FPTI, Jalan Irian Barat Surabaya tersebut diikuti oleh sebanyak 370 atlet muda dari seluruh wilayah Indonesia.

Kejurnas ini dibuka langsung oleh Kepala Disbudporapar Kota Surabaya Wiwiek Widayati mewakili Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi pada Kamis (3/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Wiwiek Widayati menyampaikan, Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022 menjadi salah satu sarana pembinaan dan regenerasi atlet-atlet panjat tebing di tanah air.

"Upaya ini diharapkan dapat mempertahankan prestasi yang telah kita raih, serta mencetak bibit-bibit unggul atlet panjat tebing yang dapat mengharumkan nama Indonesia di masa depan," kata Wiwiek membacakan sambutan Wali Kota Surabaya.

Lebih lanjut,Wiwiek menambahkan, Wali Kota Surabaya mengaku bangga lantaran Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022 diikuti sekitar 370 atlet dari seluruh wilayah Indonesia. Para peserta mulai dari kelompok usia junior sampai senior.

Menurut Wiwiek, Pemerintah Kota Surabaya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surabaya dan pengurus kota Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) serta seluruh pihak yang telah mendukung Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022.

Ia juga menyatakan, Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya tahun 2022 ini menunjukkan komitmen bersama dalam mengembangkan cabang olahraga panjat tebing di Indonesia. Untuk itu, lanjut dia, melalui Kejurnas ini pihaknya meyakini, panjat tebing Indonesia akan semakin berjaya ke tingkat Internasional.

"Insya Allah, saya yakin, dengan semangat dan kerja sama seluruh elemen, olahraga panjat tebing Indonesia akan semakin berjaya hingga ke tingkat Internasional," kata dia.

Wiwiek menyampaikan bahwa Wali Kota Eri Cahyadi juga berpesan kepada seluruh official dan para peserta agar mereka tetap menjaga sportivitas di sepanjang pertandingan.

"Di dalam lapangan kita boleh bersaing secara adil. Namun di luar lapangan, kita adalah keluarga besar sebangsa dan setanah air," tutupnya.

Sebagai informasi, Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022 ini diikuti sebanyak 370 atlet dari seluruh wilayah Indonesia. Di antaranya, Kalimantan Timur (Kaltim), Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Barat, Jakarta dan khususnya dari Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kejurnas ini terbagi dalam beberapa kategori yakni Lead Perorangan Junior usia 18-19 tahun, youth A usia 17-16 tahun, youth B usia 14-15 tahun, youth C usia 12-13 tahun, youth D usia 10-11 tahun dan youth E usia 7-9 tahun Putra dan Putri (Eksebisi, se-Indonesia). Selain itu, Lead Beregu U12, U15 Putra dan Putri (se-Surabaya) serta Lead Perorangan Umum Putra dan Putri (se-Indonesia).

Sementara dalam kategori perlombaan yang dipakai adalah jenis perlombaan lead saja atau penilaian yang diambil dari tingkat kerumitan jalur.

Kejurnas yang diprakarsai Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Surabaya bersama Disbudporapar Surabaya tersebut, dihelat rutin setiap tahun. Adapun total keseluruhan hadiah yang akan diperebutkan oleh kandidat juara 1, 2 dan 3 adalah sebesar Rp64.800.000. ari