386 Rumah Warga Hingga Jalanan Terendam Banjir 1 Meter

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 03 Mar 2021 12:04 WIB

386 Rumah Warga Hingga Jalanan Terendam Banjir 1 Meter

i

Rumah warga di Gondang Bojonegoro yang terendam banjir. SP/ BPBD Bojonegoro

SURABAYAPAGI.com, Bojonegoro - Luapan anak sungai Kali Pacal dan Kali Gandong merendam ratusan rumah warga dan jalan lingkungan di Bojonegoro. Banjir bandang yang menggenangi jalan umum, rumah dan sawah warga itu dengan ketinggian mencapai satu meter.

Kapolsek Gondang, Polres Bojonegoro, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Marjono mengatakan setidaknya 386 rumah warga di 4 desa, yaitu Desa Sambongrejo, Gondang, Senganten, dan Desa Jari, serta Puskesma Gondang tergenang luapan air dengan ketinggian antara 75 sentimeter hingga 1 meter.

Baca Juga: Polresta Sidoarjo Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Demak

“Luapan air mulai menggenangi setidaknya 386 rumah warga dan jalan lingkungan hingga ketinggian genangan rata rata 1 meter,” katanya.

Selain itu, AKP Marjono menerangkan, dampak dari banjir tersebut di Desa Sambongrejo sebanyak 10 rumah warga yang tergenang. Jalan lingkungan di Dusun Kaliasin mengalami kerusakan akibat tergerus arus air dengan panjang 5 meter dan lebar 1 meter, sehingga membahayakan jembatan dan menganggu akses transportasi.

Baca Juga: SKK Migas-PHE WMO Gelontor 1.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir Bangkalan

Untuk Desa Gondang, sebanyak 340 rumah warga di Dusun Gondang dan 8 rumah warga di Dusun Tikung, tergenang luapan air. Sementara di Desa Senganten, sebanyak 28 rumah warga yang tergenang. Sedangkan di Desa Jari, banjir mengakibatkan longsornya jalan lingkungan di Dusun Kaliasin sepanjang 7 meter, dengan lebar 2 meter, sehingga mengganggu tarmsportasi.

Luapan air juga menggenangi Puskesmas Gondang dengan ketinghian 75 sentimeter, dan menggenangi jalan lingkungan di Desa Gondang sepanjang 600 meter, dengan ketinggian air 1 meter,” jelasnya lagi, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga: Polres Gresik Salurkan Bantuan Ratusan Selimut bagi Korban Banjir Jawa Tengah

Dari pendataan petugas, setidaknya ada 9 rumah warga yang mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Sementara tidak dilaporkan adanya korban jiwa maupun korban luka-luka. “Korban jiwa nihil. Kerugian material masih dalam pendataan,” pungkasnya.

Kini sejumlah warga di Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro pagi ini sibuk membersihkan rumahnya dari lumpur sisa luapan banjir bandang yang terjadi kemarin malam. Dsy11

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU