414 Calon Jemaah Umroh Pertama Indonesia, Diangkut Lion Air

Danang Mandala Prihantoro

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Minggu kemarin (9/1/2022) sudah ada jemaah Umroh Indonesia yang tiba di Madinah.

Jemaah ini diangkut Maskapai penerbangan, Lion Air Group, pada Sabtu (8/1). Penerbangan dilakukan dari Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK) menuju Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz-Madinah (MED).

Penerbangan berangkat dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan nomor terbang JT-1110. Pesawat lepas landas pada 13.10 (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) dan tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz-Madinah pukul 19.30 waktu setempat Arabia Standard Time (AST), GMT +03).

"Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group Sabtu kemarin memulai layanan penerbangan perdana kembali untuk ibadah umrah," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan resmi yang diterima merdeka.com, Jakarta, Minggu, (9/1).

 

Ada 414 Calon Jemaah

Tercatat ada 414 calon jemaah umrah telah memenuhi persyaratan dalam penerbangan tersebut. Sebelumnya, para jemaah telah pemeriksaan (screening) kesehatan 1x24 jam sebelum berangkat. Antara lain meliputi pemeriksaan kesehatan, vaksinasi Covid-19, meningitis dan pemeriksaan PCR dengan fasilitas kesehatan (rumah sakit dan laboratorium) yang diterima otoritas kesehatan Arab Saudi.

Danang mengatakan, penerbangan umrah tersebut dilakukan tanpa henti (non-stop). Armada yang digunakan juga pesawat terbaru berbadan lebar (wide body). Pengoperasian Airbus 330-900NEO menjadi bagian dari langkah strategis Lion Air untuk memperkuat pengembangan bisnis penerbangan jarak jauh (long haul) yang memerlukan waktu tempuh lebih dari 13 jam perjalanan tanpa henti (nonstop).

A330-900NEO bertata letak lorong ganda (double aisle). Berkapasitas 433 kursi penumpang, menyediakan kabin paling senyap di kelasnya. Selain menambah fitur utama dari kabin airspace. Pesawat ini memiliki desain baru kompartemen bagasi kabin (overhead bin) . Kompartemen ini memungkinkan lebih mudah mengatur dan menyimpan barang bawaan di kabin. n er, jk, 02