45 Ribu Siswa SD/Mi dan SMP/MTs di Jombang Dapat Program Seragam Gratis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 25 Agu 2020 12:45 WIB

45 Ribu Siswa SD/Mi dan SMP/MTs di Jombang Dapat Program Seragam Gratis

i

Kadisdikbud Jombang, Agus Purnomo. (SP/M. Yusuf)

SURABAYAPAGI.com, Jombang - DPRD Jombang, Jawa Timur, sudah menyetujui program seragam sekolah gratis dengan nominal sebesar Rp 14 miliar.

Program unggulan Bupati Jombang ini, akan menyasar kepada 45 ribu siswa didik baru di jenjang SD/MI dan SMP/MTs.

Baca Juga: Bola Liar Anggaran Mamin Satpol PP Jombang, DPRD Minta Inspektorat Turun

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten (Kadisdikbud) Jombang, Agus Purnomo mengatakan, total siswa baru ada 45.469, mulai jenjang SD/MI-SMP/MTs yang akan menerima program tersebut.

"Rinciannya, siswa sekolah dasar negeri yang akan menerima sebanyak 11.048 murid. Kemudian Madrasah Ibtidaiyah (MI) baik negeri maupun swasta, sebanyak 8.583 siswa," katanya, kepada jurnalis, Selasa (25/8/2020).

Kemudian, papar Agus, siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri maupun swasta, sebanyak 14.500. Terakhir kurang lebih 11.338 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) negeri maupun swasta yang akan menerima program tersebut.

"Total semua ada sebanyak kurang lebih 45.469 siswa yang ada di Kabupaten Jombang. Itu berdasarkan data dari PPDB Jombang," paparnya.

Agus menjelaskan, semua siswa baru akan memperoleh kuota dua kain seragam. Yakni kain seragam pramuka dan seragam nasional sesuai dengan jenjang pendidikan yang ditempuh. Misalnya merah putih untuk SD, hijau putih untuk MI, dan putih biru untuk SMP/MTs.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Implementasi Kebijakan Perencanaan Penganggaran APBD TA 2024

"Jadi setiap siswa nantinya akan menerima kain seragam pramuka serta seragam kain sesuai dengan jenjang pendidikan peserta didik," jelasnya.

Agus mengungkapkan, program kain seragam gratis telah direalisasikan melalui P-APBD 2020 sebesar Rp 14 miliar, dan sudah disetujui DPRD Jombang. "Alhamdulillah sudah di-dok," pungkasnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan program seragam sekolah gratis ini dilakukan dengan cara lelang untuk pengadaannya..Proses lelang melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Jombang juga sudah ada pemenang.

Pantauan di laman LPSE Jombang, bahwa pengadaan kain seragam siswa SMP/MTs negeri dan swasta putih biru dimenangkan oleh CV Sastra Guna Perkasa asal Denpasar, Bali, dengan nilai hasil negosiasi Rp 4.571.509.250,00.

Baca Juga: Kesadaran Politik Anak Muda Makin Tumbuh, Santri Jombang Antusias Diskusi Bareng Gus Sadad

Kemudian, pengadaan kain seragam pramuka siswa SMP/MTS negeri dan swasta, dimenangkan CV Wiradhikaz asal Malang, Jawa Timur, dengan nilai hasil negosiasi Rp 4.335.966.250,00.

Selanjutnya, pengadaan kain seragam putih merah untuk siswa SD negeri/swasta, dan putih hijau MI negeri/swasta dimenangkan CV Sastra Guna Perkasa, asal Denpasar, Bali, dengan nilai hasil negosiasi Rp 2.978.443.270,00.

Terakhir, pengadaan kain seragam pramuka siswa SD/MI negeri/swasta, dimenangkan oleh CV Wiradhikaz asal Malang, dengan nilai hasil negosiasi Rp 2.885.970.175,00.  (suf2)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU