4.500 KPM di Pamekasan Tak Bisa Terima Bantuan PKH

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Apr 2021 17:03 WIB

4.500 KPM di Pamekasan Tak Bisa Terima Bantuan PKH

i

Sejumlah warga penerima bantuan PKH saat menunggu pencairan.

 

SURABAYAPAGI.COM, Pamekasan - Ribuan Keluarga Penerima Manfat (KPM) di Pamekasan harus gigit jari. Pasalnya, 4.500 PKM dipastikan tidak bisa menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap kedua tahun 2021.

Baca Juga: Jembatan Kodik Ambruk Dihantam Banjir, Akses Jalan Jadi Harus Memutar 1 Jam

Ribuan warga dari 13 kecamatan di Pamekasan itu tidak bisa menerima bantuan karena data KPM PKH terblokir oleh sistem.

Hal tersebut dibenarkan oleh Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Pamekasan Hanafi. Dia mengatakan, berdasarkan data bayar yang sudah diterima sebanyak 52.206 KPM dengan total anggaran Rp35,9 miliar, hasil data bayar atau final closing ada sekitar 4.500 yang tidak terbayar.

Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Pamekasan HanafiKoordinator Pendamping PKH Kabupaten Pamekasan Hanafi

"Tahap kedua ini, ada sekitar 4.500 KPM PKH yang tersebar di 13 kecamatan yang berada di Kabupaten Pamekasan yang tidak bisa dicairkan," kata Hanafi, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: Massa Tuntut KPU Pamekasan Hentikan Rekapitulasi Pemilu 2024

Menurutnya, KPM yang tidak bisa mencairkan bantuan tersebut disebabkan adanya trouble pada saldo rekening bank (terblokir). Selain itu, disebabkan ketidakseimbangan antara data penerima bantuan dengan data yang ada di disdukcapil setempat.

"Posisi saldo terakhir tidak melakukan transaksi di tahap sebelumnya. Hal itu disebabkan penerima bantuan PKH mendapat bantuan UMKM, sehingga mereka tidak bisa mencairkan PKH dan terblokir secara otomatis," jelasnya.

Selanjutnya, Hanafi berharap, semoga ribuan KPM PKH tersebut segera teraktivasi kembali, agar mereka dapat mencairkan bantuan PKH pada tahap berikutnya. "Mudah-mudahan tahap ketiga bisa cair," tutup Mantan Aktivis PMII Pamekasan itu.

Baca Juga: Kasus DBD di Pamekasan Melonjak

Diketahui, pencairan bantuan PKH pada tahap kedua di tahun 2021 dicairkan dengan dua termin.

Pada termin pertama diperkirakan ada 10 ribu KPM yang tidak bisa mencairkan, namun sebagian besar sudah bisa dicairkan pada termin kedua. Sementara pencairan bantuan PKH di tahap kedua di Bumi Gerbang Salam sudah mencapai 95 persen.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU