452 Bangunan Sekolah di Jember Alami Kerusakan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 21 Okt 2022 19:18 WIB

452 Bangunan Sekolah di Jember Alami Kerusakan

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Pemerintah Kabupaten Jember mencatat, ada bangunan 452 lembaga sekolah yang mengalami kerusakan. Dari 1.036 lembaga SD yang tercatat pada 2020, sebanyak 437 lembaga mengalami kerusakan bangunan atau 42,18 persen. Sementara itu untuk tingkat SMP, dari 344 lembaga yang tercatat, sebanyak 15 sekolah atau 4,36 persen mengalami kerusakan bangunan.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa meminta Pemkab Jember tidak melupakan fakta ini. “Rehab tidak boleh ditunda-tunda lagi karena kondisinya memang rusak. Jangan sampai ada berita lagi seperti SD di Desa Karangbayat yang ambruk yang beruntung tidak sampai menelan korban jiwa,” kata Ketua Fraksi PKB Sunarsi Khoris.

Baca Juga: Dindik Jatim Renovasi Sekolah Rusak Karena Gempa di Bawean

Nyoman Aribowo, juru bicara Fraksi Pandekar, memandang perlunya perhatian dan prioritas terhadap pembangunan maupun rehabilitasi bangunan sekolah yang rusak dan memprihatinkan di Jember.

“Kondisi ini berpotensi mengganggu kenyamanan dan mengancam keselamatan anak didik dalam kegiatan belajar mengajar,” katanya.

Baca Juga: Pemkab Jember Gelar Apel Siaga Gerakan Pangan Murah

Sementara itu Fraksi Gerakan Indonesia Berkarya ingin dana APBD diberikan untuk memperbaiki sejumlah sekolah yang rusak atau sekolah yang kekurangan ruang belajar.

“Ini agar peserta didik dan proses belajar dan mengajar di sekolah berlangsung dengan baik,” kata Ahmad Halim, Wakil Ketua DPRD Jember dan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Jember.

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

Bupati Hendy Siswanto menegaskan, urusan pendidikan adalah program prioritas selain urusan kesehatan, pertanian, dan infrastruktur.

“Kami telah mengalokasikan anggaran untuk rehab gedung, baik rehab ringan, sedang, maupun berat, dan pembangunan gedung sekolah secara bertahap berdasarkan prioritas dan kemampuan keuangan daerah,” katanya, dalam sidang paripurna pembacaan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Jember, di aula kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Jumat (21/10/2022) sore.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU