5 Puskesmas Jadi Tempat Perawatan Covid-19

Pengumuman puskesmas Wringin yang kini difungsikan sebagai puskesmas perawatan covid-19.

SURABAYAPAGI.COM, Bondowoso - 3 RS Rujukan sudah tak mampu lagi menampung pasien covid-19 membuat pemerintah setempat memutuskan menjadikan 5 puskesmas di kabupaten Bondowoso sebagai tempat pelayanan dan penanganan covid-19.

Ke-5 puskesmas tersebut yakni Puskesmas Prajekan, Wringin, Pujer, Tamanan dan Puskesmas Grujugan. 5 Puskesmas tersebut dinilai cukup representatif.

"Sarana prasarananya kami nilai cukup representatif," jelas Jubir Satgas COVID-19 Bondowoso, dr Mohamad Imron saat dikonfirmasi wartawan, Senin (11/7/2021).

Selain itu, imbuh Mohamad Imron, puskesmas-puskesmas ini memang tidak sama ruang dan kapasitas tempat tidurnya. Tapi semuanya akan tetap dioptimalkan.

"Kami juga pertimbangkan tentang ketersediaan paramedis yang ada di puskesmas itu. Karena di rumah sakit sudah kekurangan," papar Kepala Dinkes Bondowoso ini.

Memang, kata Imron, jika berbicara tentang kecukupan, di situasi seperti saat ini pasti tidak mencukupi. Tapi setidaknya di puskesmas yang telah ditunjuk itu akan digunakan untuk perawatan pasien ringan dan sedang.

"Baru kalau kalau untuk yang berat, tetap akan dirujuk ke rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih intensif," pungkas Mohamad Imron.

Data yang dihimpun, saat ini di Bondowoso ada 3 rumah sakit yang jadi rujukan COVID-19. Yakni RSUD dr Koesnadi, RS Bhayangkara, dan RS Mitra Medika.

Di RSUD dr Koesnadi juga ditambah beberapa tenda darurat berkapasitas 20 pasien, untuk penampungan sementara. Namun, tetap tidak bisa menampung atau overload. Karena jumlah pasien COVID-19 di Bondowoso setiap hari memang cenderung terus meroket.