5 Tips Anti Repot untuk Rawat Mobil Sport

Dewasa ini, berbagai macam jenis kendaraan beroda empat tidak hanya difungsikan sebagai alat transportasi yang mengantarkan pemiliknya dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya. Bagi kalangan tertentu, mobil merupakan media penyalur hobi sekaligus membawa prestise tersendiri bagi si pemilik. Tidak heran jika terdapat beberapa jenis mobil yang menyasar kelompok tertentu dengan harga yang fantastis.

Jika Anda merupakan penggemar mobil sport mewah, pasti sudah tidak asing dengan merek mobil BMW. Kiprah mobil produksi Jerman ini sudah tidak bisa diragukan lagi sebagai salah satu produsen otomotif berkualitas tinggi. Beberapa bulan silam, BMW Indonesia merilis koleksi terbarunya, yakni BMW M4. Perilisan tersebut diharapkan memperkuat citra perusahaan ini sebagai produsen mobil sport terbaik di Indonesia.

Perilisan BMW M4 ini tentunya menarik animo para pecinta mobil sport di tanah air. Dengan berbagai keunggulan teknologi, tentu membuat para pecinta mobil sport berbondong-bondong meminang mobil yang satu ini. Jika Anda termasuk salah satu orang yang tidak sabar memiliki BMW M4, tidak perlu khawatir. Anda bisa memilih mobil sport impian dengan mudah di Blibli.

Namun apalah gunanya jika memiliki mobil sport mewah tanpa dibarengi dengan perawatan yang maksimal. Mobil sport dikenal sebagai jenis mobil yang memerlukan perawatan khusus. Dalam artian, perawatan mobil ini berbeda dengan jenis mobil pada umumnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki mobil sport maka jangan sampai salah langkah dalam merawatnya.

Meskipun memiliki komponen perawatan yang tergolong sama layaknya mobil pada umumnya, namun Anda harus memahami cara terbaik dalam merawat mobil sport kesayangan Anda. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda.

 

Perhatikan Jenis Oli dan Lakukan Penggantian Oli secara Berkala

Apapun jenis mobilnya, oli memiliki peranan penting bagi sebuah kendaraan, tidak terkecuali pada mobil sport. Namun yang perlu Anda garis bawahi adalah penggunaan oli pada mobil sport tidak bisa dilakukan sembarangan.  Pastikan Anda memilih oli sesuai anjuran pabrikan mobil sport. Jika Anda telah menemukan jenis oli yang sesuai, maka ketahui jadwal penggantian oli pada mobil sport kesayangan Anda.

Seperti yang diketahui bersama, mobil sport memiliki konfigurasi mesin bertenaga besar. Sehingga tidak mengherankan jika mobil jenis ini membutuhkan intensitas tinggi dalam hal penggantian oli. Idealnya, Anda bisa mengganti oli pada mobil sport dalam jangka waktu 6 bulan.

Penggantian oli secara teratur membantu kondisi mesin tetap berada pada performa terbaiknya. Jika Anda terlambat mengganti oli, maka mesin mobil akan terasa kasar dan pada jangka waktu yang lama akan mengalami kerusakan.

 

Pilih Bahan Bakar yang Sesuai

Tidak hanya penggunaan oli yang wajib Anda perhatikan. Mobil sport juga memerlukan bahan bakar tertentu untuk tetap menjaga mesin tetap dalam kondisi terbaiknya. Selain menjaga performa mesin, penggunaan bahan bakar yang tepat juga mampu menjaga umur mesin.

Mobil sport pada umumnya memerlukan bahan bakar dengan RON atau titik pembakaran yang tinggi. Hal ini harus diperhatikan agar proses pembakaran menjadi lebih sempurna. Proses pembakaran yang sempurna, mampu mengurangi munculnya kerak pada kepala silinder mesin mobil sport. Dengan demikian mobil sport kesayangan Anda tidak mengalami penurunan performa.

 

Periksa Komponen Mobil secara Berkala

Memiliki mobil mewah tentu memerlukan perawatan yang tidak biasa. Termasuk perawatan berbagai komponen yang ada di dalamnya. Pada mobil sport, idealnya Anda harus memeriksa komponen jika sudah melampaui batas 10.000 km.

Pastikan seluruh komponen mobil sport Anda terdeteksi dengan baik. Jika terdapat komponen yang perlu diganti, maka segeralah menggantinya dengan yang baru. Hal ini harus Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen lain. Apabila Anda mengabaikan satu komponen yang rusak, maka Anda harus menyiapkan biaya lebih besar di kemudian hari.

 

Perhatikan Kondisi Bodi Mobil

Perawatan eksterior mobil sport tidak kalah penting untuk Anda lakukan. Perubahan musim seringkali menjadi musuh dalam merawat bodi mobil. Ini dikarenakan perubahan musim menyebabkan munculnya korosi. Oleh karena itu, pastikan tidak ada goresan atau titik korosi yang muncul di permukaan bodi mobil Anda. Konsultasikan perawatan terbaik untuk bodi mobil dengan dealer resmi mobil sport Anda.

 

Pastikan Mesin Mobil Dipanaskan dengan Cara yang Tepat

Langkah yang satu ini tidak jarang masih diabaikan oleh pemilik mobil sport. Sebelum memulai aktivitas berkendara, hal pertama yang dilakukan yakni memanaskan mesin. Untuk mobil sport, pemanasan mesin cukup dilakukan selama satu hingga lima menit saja. Jangan sampai Anda memanaskan mesin lebih dari anjuran yang ditetapkan. Ini dikarenakan mobil sport telah dilengkapi dengan teknologi kompresi canggih, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk proses pemanasan.

Jika  Anda tetap memanaskan mesin lebih dari waktu yang dianjurkan, maka bahan bakar akan terbuang percuma, bahkan dapat menimbulkan kerusakan pada komponen mesin mobil sport kesayangan Anda.

 

Memiliki mobil sport mewah seperti BMW M4 tentu menjadi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Namun jangan sampai antusiasme memiliki mobil sport idaman, membuat Anda lupa merawat mobil kesayangan dengan baik dan benar. Dapatkan informasi lebih lanjut terkait pembelian BMW M4 di Blibli. Temukan berbagai penawaran menarik serta layanan mudah hanya di sini.