50 Warga Ngawi Diduga Keracunan Nasi Hajatan

Salah satu warga yang diduga keracunan nasi kotak hajatan dievakuasi ke puskesmas.

SURABAYAPAGI.COM, Ngawi - Puluhan warga desa Sukowiyono, Ngawi alam diare hebat diduga keracunan usai menyantap nasi kotak hajatan tiga bulanan bayi yang digelar warga setempat. Bahkan 8 orang diantaranya harus dirawat intensif di Puskesmas Padas, Senin (21/6).

"Tadi kami ditelepon. Ada yang diare hebat warga RT 1 dan RT 2. Sekitar 50 orang. Mereka merasakan mual, murus dan muntah," ujar Sekretaris Desa Sukowiyono, Harno.

Harno kemudian melakukan pengecekan ke lokasi dan berkoordinasi dengan Puskesmas Padas.

"Dari pengakuan warga, tadi malam ada yang melakukan hajatan tiga bulanan bayi. Di sana menunya nasi kotak," ungkapnya.

Menurut Harno, dari 50 warga yang merasakan diare, 10 orang harus dirujuk ke Puskesmas Padas. Dari 10 orang itu, 8 di antaranya harus dirawat inap karena parah.

"Ini juga dilakukan pengecekan ke Desa Bondang, Kecamatan Kasreman. Karena pengakuan orang yang punya hajat, nasi kotak juga dikirim ke keluarganya di Desa Bondang," bebernya.

Sementara Bidan Desa Sukowiyono, Galuh Wigati mengatakan bahwa warga mengalamai perut melilit, lemas dan dehidrasi. walnya ada 10 orang dilarikan ke Puskesmas Padas, kemudian dipulangkan empat orang untuk rawat jalan.

"Nah saat saya di lokasi ada dua warga yang parah. Saya evakuasi lagi, sehingga total yang dirawat ada 8 orang," jelas Galuh.

Kasus dugaan keracunan nasi kotak hajatan itu kini dalam penyelidikan Tim Satreskrim Polres Ngawi.