5.000 Porsi Makanan UMKM, Sambut Timnas Indonesia dan Palestina

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 07 Jun 2023 21:36 WIB

5.000 Porsi Makanan UMKM, Sambut Timnas Indonesia dan Palestina

SURABAYA PAGI, Surabaya - Rencanya, Timnas Indonesia makan malam bersama Timnas Palestina di Balai Kota Surabaya, pada 11 Juni 2023 malam. Bahkan, akan disajikan 5.000 porsi makanan UMKM di gala dinner untuk Timnas Indonesia dengan Palestina itu. Namun, rencananya yang akan digelar konvoi untuk Timnas Indonesia, akhirnya dibatalkan, karena tuai polemik.

Eri mengakui rencana tersebut menuai banyak protes dari warganet. Mayoritas menilai arak-arakan atau konvoi itu sudah tidak tepat momennya. Euforia SEA Games sudah berlalu. Pemain Timnas yang akan melawan Palestina pun juga bukan skuad SEA Games. Belum soal masalah recovery pemain. Banyak pencinta sepakbola yang menilai konvoi itu justru akan membuat para pemain kelelahan sebelum bertanding. Usai diarak, pemain timnas juga akan dijamu dalam gala dinner. Acara ini akan digelar di Taman Surya Balai Kota Surabaya.

Baca Juga: Atasi Banjir dari Saluran Air di Seluruh Kampung

 

Jadi Polemik

Konvoi timnas Indonesia di Surabaya menjadi polemik di media sosial. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi beberkan maksud dari konvoi tersebut.

konvoi itu rencananya akan berangkat dari hotel menuju Balai Kota. Tidak hanya pemain Timnas Indonesia, tetapi juga pemain Palestina yang akan ikut konvoi. Setelah itu, Pemkot Surabaya akan menggelar jamuan makan malam untuk kedua kesebelasan.

"Konvoi itu dari hotel ke Balai Kota seperti ketika Bonek kawal pemain Persija ke hotel dan stadion. Kuwi (itu) konvoi opo bukan, bahasanya apa," ujarnya.

"Nanti kalau berangkat dari hotel ke Taman Surya (Balai Kota) welcome dinner tiba-tiba ada suporter yang kawal nanti dibilang konvoi. Makanya bilangnya konvoi. Jadi perjalanan dari hotel ke Taman Surya," sambungnya

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony Ajak Warga Budayakan Tidak Buang Sampah di Saluran Air

 

Masyarakat Suporter Surabaya

Dia mengatakan bahwa konvoi tersebut adalah 'pengawalan' dan penyambutan Timnas Indonesia dari hotel menuju Balai Kota Surabaya. Timnas Indonesia diagendakan makan malam bersama Timnas Palestina di Balai Kota Surabaya pada 11 Juni 2023.

"Jadi ini konvoi pengawalan karena penghormatan yang diberikan kepada Timnas Indonesia. Ini tradisi dan budaya suporter Surabaya karena kami ingin menunjukkan suporter Surabaya itu begitu ramah. Biasanya konvoi jenis ini dihadiri perwakilan suporter, ini bisa kita batasi, seperti maksimal 100 suporter untuk mengawal, dalam konteks ini dari hotel ke Balai Kota yang butuh waktu 7 menit. Jadi ini bukan mengelilingkan pemain Timnas ke seluruh Surabaya," kata Eri di Balai Kota Surabaya, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

Namun, konvoi ini akhirnya ditiadakan karena memicu salah paham. Timnas Indonesia dan Palestina akan langsung ikut dalam gala dinner di Balai Kota Surabaya.

"Tapi karena ini kemudiaan disalahpahami, maka konvoi ditiadakan. Para pemain timnas Indonesia dan Palestina langsung gala dinner di Balai Kota," ujarnya.

Eri menjelaskan soal gala dinner yang menjadi poin ketiga dalam penjelasannya. Ini merupakan wujud persahabatan kedua negara, sekaligus bentuk dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina.

"Balai Kota Surabaya yang terintegrasi dengan Taman Surya adalah tempat terbuka. Jadi warga silakan datang ke Taman Surya, di sana ada pemain Timnas Indonesia dan Palestina, bisa memberi semangat, semacam meet and greet sambil menikmati makanan UMKM Surabaya sebanyak 5.000 porsi. Nanti juga akan diperkenalkan para pemain Timnas ke masyarakat suporter Surabaya," jelas Eri. (alq/rmc)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU