504 Penghafal Alquran Jatim Terima Tunjangan Rp 3 Juta Setahun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 02 Mei 2021 13:41 WIB

504 Penghafal Alquran Jatim Terima Tunjangan Rp 3 Juta Setahun

i

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyalurkan tunjangan kehormatan untuk 504 hafidz dan hafidzah, di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Sabtu (5/1/2021).SP/TANGKAPAN LAYAR

SURABAYAPAGI,Surabaya -  504 hafidz dan hafidzah menerima tunjangan kerhormatan dengan nilai Rp 3 juta untuk setahun dari  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya pada Sabtu (5/1/2021). 

Tunjangan kehormatan ini diberikan dengan harapan para hufadz bisa meningkat kesejahteraannya dan sebagai apreisasi dari Pemprov Jatim.

Baca Juga: Kinerja Pemprov Jatim 2023 capai 97,77 Persen

Khofifah menyampaikan, untuk tahun 2021 ini setiap bulan mereka menerima tunjangan sebesar Rp 250 ribu, sehingga total setahun mendapat Rp 3 juta, yang diberikan sebanyak dua tahap. Sebelumnya, mereka mendapat Rp 150 ribu per bulan.

"Harapan kita, para Hafiz Hafidzah itu mengawal dari sisi ruhaniyah dari sisi batiniyah. Pemberian tunjangan kehormatan inilah yang kita harapkan, keberseiringan antara dhohiron wabatinan. Jadi dhohirnya sehat, batinnya sehat," katanya.

Pemberian tunjangan kehormatan bagi penghafal Alquran menjadi bagian dari janji kampanye Khofifah. Secara simbolis, penyaluran tunjangan ini selalu dilakukan di bulan Ramadhan. 

Baca Juga: Hanya 130 Juta, UPT Keramik di Malang Perlu Dukungan Pemprov Jatim

Lebih lanjut, berdasarkan data Pemprov Jatim, sejak 2015 hingga 2021, total sebanyak 4093 hafidz hafidzah yang menerima tunjangan kehormatan.

Namun sebanyak 23 hufadz telah meninggal dunia, 9 orang pindah keluar Jawa. Sehingga total hafidz hafidzah Jatim yang menerima tunjangan kehormatan dari Pemprov Jatim ada sebanyak 4061 orang.

Dalam kegiatan penyaluran tunjangan kehormatan tersebut, para penghafal Alquran juga menggelar doa bersama dan istighosah, untuk mendoakan para prajurit yang gugur pada penyelaman KRI Nanggala 402. Mereka mengkhatamkan quran sebanyak 17 kali dalam sehari.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi dan Masyarakat Terlindungi

“Semoga ikhtiar kita memberikan tunjangan kehormatan bagi para penghafal Alquran, bisa memberikan manfaat. Dan sekalian dalam kesempatan ini kota juga mengirimkan doa pada para prajurit KRI Nanggala yang telah dipanggil oleh Allah SWT,” tegasnya.

Di keistimewaan bulan Ramadhan ini, ia berharap segala niat baik yang dilakukan bisa mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU