55 Perusahaan Ikuti Job Fair dan Expo Lamongan, Sediakan 5.054 Lowongan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 23 Agu 2022 16:35 WIB

55 Perusahaan Ikuti Job Fair dan Expo Lamongan, Sediakan 5.054 Lowongan

i

Bupati saat melihat langsung Stand dari salah satu perusahaan yang ikut job fair expo Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Sebanyak 55 perusahaan dari dalam dan luar Lamongan, Selasa (23/8/2022) mengikuti job fair dan expo ketenagakerjaan 2022 yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja setempat. Dalam kegiatan ini setidaknya ada 5.054 lowongan kerja yang disediakan.

Ke 55 perusahaan tersebut, bergerak di bidang umum, teknis, medis, jasa, administrasi, maintenance, operator, dan pekerja migran ke luar negeri itu merupakan salah satu rencana strategis lompatan service percepatan pembangunan ketenagakerjaan yang telah disiapkan.

Baca Juga: Songsong Pilbup, PKB Lamongan Segera Membentuk Desk Pilkada

"Ini salah satu wujud dari lompatan service percepatan pembangunan ketenagakerjaan, diantaranya transformasi BLK, mix and match, transformasi program perluasan kerja, pengembangan talenta muda, hubungan baru industrial, dan reformasi pengawasan bekerja," tutur Kepala Dinas Ketenagakerjaan Agus Cahyono.

Dalam laporannya Agus juga menerangkan bahwasanya kegiatan yang juga memiliki tujuan untuk membantu perusahaan dalam merekrut pekerja itu diutamakan untuk masyarakat Lamongan. "Kami koordinasikan kepada perusahaan yang hadir disini, bahwasanya yang diutamakan ialah masyarakat Lamongan," terang Agus yang juga menyampaikan kalau perusahaan yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, selain dari Lamongan juga terdapat beberapa kota diantaranya dari Blitar, Malang, Gresik, Sidoarjo, dan Surabaya.

Bupati Yuhronur Efendi dalam kesempatan itu menyebutkan, kegiatan yang menjadi program rutin setiap tahun ini digelar, untuk turunkan angka pengangguran di Lamongan yang tercatat 24% kategori usia kerja dari 15 tahun s/d 60 tahun. 

Baca Juga: Horeee.. Siltap Pamong Desa di Lamongan Akhirnya Dicairkan Meski Hanya 1 Bulan

Menjadi prioritas dalam menurunkan angka pengangguran, Pemkab Lamongan terus mengupayakan penurunan pengangguran sesuai dengan yang tertuang pada Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebesar 0.16%.

"Masih menjadi prioritas kami tentang penurunan angka pengangguran di Lamongan. Bersama Disnaker kami terus mengupayakan, salah satunya dengan menggelar job fair dan expo ketenagakerjaan 2022. Sebelumnya kami juga telah menggelar pelatihan keahlian dan skill di Balai ini juga," ujarnya.

Baca Juga: Gerindra Isyaratkan Usung Kader Sendiri di Pilbup Lamongan

Disebutkan olehnya, untuk membantu masyarakat dapat mengakses urusan ketenagakerjaan harus selalu diinformasikan oleh Dinas Ketenagakerjaan Lamongan. Karena Disnaker harus menjadi pusat informasi tentang semua yang mencakup ketenagakerjaan. "Disnaker ini harus menjadi pusat informasi untuk seluruh masyarakat Lamongan dalam mencari pekerjaan," harapnya.

Job fair dan expo ketenagakerjaan yang digelar selama 2 hari itu bertujuan untuk memberikan informasi ketenagakerjaan kepada masyarakat di Lamongan ini diharapkan mampu menurunkan 3 ribu jiwa dari angka pengangguran di Lamongan jika dipresentasikan. "Terdapat 5054 lowongan pekerjaan yang tersedia di kegiatan ini, maka kami harapkan itu bisa menurunkan 3 ribu jiwa pengangguran di Lamongan," terangnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU