6 Pegawai Positif Covid-19, Kantor KPU Kota Blitar Ditutup

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 17 Des 2020 11:15 WIB

6 Pegawai Positif Covid-19, Kantor KPU Kota Blitar Ditutup

i

Suasana kantor KPU Kota Blitar yang ditutup dalam sepekan. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Akibat pandemi Covid-19 di Kota Blitar yang maish tinggi menyebabkan aktivitas pekerjaan dalam penyelenggara pemilu dilakukan dari rumah. Keputusan tersebut diambil dikarenakan adanya enam staf KPU Kota Blitar yang terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga kantor pun ditutup dalam sepekan, Kamis (17/12/2020).

Menanggapi kasus tersebut, Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam membenarkan jika enam stafnya terpapar Covid-19. Namun mereka semua tergolong tanpa gejala atau asimptomatik. Tes swab secara mandiri dilakukan, setelah diterima laporan jika sekretaris KPU Kota Blitar telah terpapar Covid-19 sebelumnya.

Baca Juga: Masuk 10 Proyek Strategis, Revitalisasi Pasar Ikan Hias Kota Blitar Telan Rp 2 Miliar

"Terkait spekulasi keterkaitan dengan kondisi sekretaris KPU Kota Blitar yg lebih dahulu terkonsirm positif Covid-19, kami tidak bisa memastikan. Karena sesungguhnya l, sekretaris KPU Kota Blitar sudah tidak masuk sekitar 7-10 hari karena demam berdarah, sebelum akhirnya dinyatakan positif Covid -19," tulis Umam.

Sedangkan menurut Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo menegaskan, pihaknya telah membatasi aktivitas semua komisioner dan SDM KPU Kota Blitar begitu diterima laporan sekretaris KPU Kota Blitar positif Covid-19.

"Kami sudah batasi sejak tanggal 8 Desember malam. Pas pilkada, kami juga minta mereka tidak usah meninjau pelaksanaan di TPS sampai hasil swab keluar Senin (14/12/2020)," paparnya.

Baca Juga: Warga RI Wajib Nyoblos, 420 ODGJ di Kota Blitar Masuk DPT Pemilu 2024

Saat hasil tes swab mandiri yang dilaksanakan di sebuah rumah sakit swasta Kota Blitar pada Senin (14/12/2020) keluar. Hasilnya, satu komisioner dan lima staf KPU Kota Blitar terkonfirmasi positif Covid-19.

"Mereka swab Sabtu, tanggal 12 Desember, itu kantor sudah kami rekomendasikan untuk tutup. Dan semuanya WFH. Rencana kembali buka kantor KPU kota pada Senin (21/12/2020) pekan depan," imbuhnya.

Baca Juga: Bisnis Kos Liar Kian Menjamur, Berpotensi Jadi Tempat Prostitusi dan Distribusi Obat Terlarang

Hakim juga memastikan, komisioner KPU dan staf yang hadir dalam rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilwali Blitar 2020 pada Selasa (15/12/2020) semua dalam kondisi sehat.

"Yang hadir di rapat pleno itu semua hasil swabnya negatif. Dan tracing sudah dilakukan, termasuk koordinasi isolasi mereka di mana," pungkasnya. Dsy10

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU