7 Menu Masakan Rumahan yang Praktis dan Lezat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 30 Jul 2021 17:02 WIB

7 Menu Masakan Rumahan yang Praktis dan Lezat

i

Ilustrasi masakan rumahan.

SELAMA pandemi ini, kita hanya bisa menghabiskan sebagian besar waktu di rumah karena adanya pembatasan aktivitas dan kegiatan masyarakat.

Jika sebelum masa pandemi kita seringkali berkunjung ke mall, restoran, bahkan hotel berbintang untuk menikmati aneka menu masakan yang variatif dan enak di lidah.

Baca Juga: Kuliner Udang Selingkuh, Hanya Ada di Papua dan Favorit Wisatawan

Namun karena kita sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, jenis makanan yang kita santap pun pasti tidak sekreatif seperti saat kita makan di luar. Mungkin kalian bosan dengan makanan yang itu-itu saja atau kehabisan ide untuk membuat menu makanan yang bervariasi. Oleh karena itu, yuk simak 7 menu masakan rumahan yang praktis dan lezat dibawah ini!

Capcay

Selain sehat, capcay juga memiliki rasa yang lezat. Berasal dari bahasa Hokkien, "cap" memiliki arti sepuluh dan "cay" artinya sayur. Banyak yang beranggapan bahwa capcay harus memiliki sepuluh sayuran di dalamnya. Namun, aslinya sayur yang biasa digunakan tidak sampai sepuluh macam. Sayur yang seringkali dipakai adalah sawi hijau, kembang kol, dan wortel.

Sayur asem

Menu yang satu ini merupakan salah satu rekomendasi makanan yang kalian harus buat. Pada umumnya, sayur asem terbuat dari labu siam, kacang panjang, jagung manis, dan kacang tanah. Menu ini cocok untuk menemani makan siang kalian bersama dengan nasi, tempe, dan tahu.

Opor ayam

Opor ayam merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang populer. Biasa hidangan ini bisa kalian temui saat acara-acara besar. Namun kalian bisa buat ini di rumah loh. Memiliki rasa yang khas dan gurih dengan balutan santan kelapa, kalian pasti ketagihan.

Baca Juga: Khusnul Khatimah, Jalankan Bisnis Kuliner Kaazta and Beverages untuk Investasi Masa Depan

Semur

Semur merupakan salah satu warisan kuliner dari nenek moyang yang masih populer hingga sekarang. Semur sendiri merupakan daging yang direbus kemudian di bumbui dengan kecap manis, bawang bombay, bawang merah, cengkih, dan pala. Biasanya, sajian ini dilengkapi dengan tahu, telor, dan kentang agar hidangan menjadi lebih lezat.

Bakso kuah

 Hidangan yang satu ini dapat kalian temui di pedagang-pedagang keliling. Makan bakso dan menghirup kuahnya dalam keadaan hangat sangat cocok untuk menemani kita, terlebih lagi saat musim hujan. Bakso kuah juga seringkali disajikan bersama bakmi atau bihun.

Shabu-shabu

Baca Juga: Makanan Khas 'Dinangoi' Sulawesi Utara, Santapan Elit Para Raja Bolaang Mongondow

Menu yang satu ini sering kita jumpai di restoran-restoran Jepang . Untuk kalian yang rindu masakan khas Jepang , kalian bisa buat shabu-shabu sendiri di rumah. Selain lezat, kalian juga bisa sekaligus menghemat karena harga shabu-shabu di restoran Jepang cenderung mahal. Kalian cukup menyiapkan irisan daging tipis dan sayuran seperti jamur, wortel, kol. Lalu kalian rebus di panci yang berisi kuah panas. Setelah matang, celupkan ke dalam saus buatan kalian. Sausnya sendiri biasa terdiri dari mirin, kecap jepang, dan wijen.

Cream soup

Hidangan ini menjadi salah satu menu favorit ketika sedang kurang enak badan . Menu ini memiliki rasa yang gurih dan aman untuk dikonsumsi untuk semua orang termasuk dalam kondisi yang kurang fit. Cream soup sendiri memiliki berbagai varian. Pada umumnya, cream soup dipadukan dengan jamur, ayam, keju, dan jagung. Hidangan ini juga cocok untuk disantap dalam keadaan hangat pada saat musim hujan. Itulah rekomendasi menu masakan yang kalian bisa masak di rumah agar tidak bosan. Untuk membuat makanan-makanan diatas, kalian harus mempersiapkan alat masak seperti panci, pisau, talenan, dan lain-lain. Kalian bisa mencari produk alat masak yang berkualitas hanya di Ruparupa. Yuk segera beli dan dapatkan promo-promo yang menarik!

Penulis: Sharon Suryaatmadja

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU