72 Pasien Covid-19 di RSLI Surabaya Sembuh, 170 Orang Antri Masuk

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 01 Jul 2021 13:56 WIB

72 Pasien Covid-19 di RSLI Surabaya Sembuh, 170 Orang Antri Masuk

i

Pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh oleh DPJP RSLI Surabaya. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sebanyak 72 pasien covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura, hari ini dinyatakan sembuh oleh Dokter Penanggungjawab Pasien (DPJP). Ke-72 orang ini dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang, setelah menjalani perawatan lebih dari 14 hari di RSLI. 

"Mereka diperbolehkan pulang setelah menjalani tes 2 swab PCR sebanyak 2 kali dengan hasil negatif," kata Penanggungjawab RSLI, Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Kamis (01/07/2021).

Baca Juga: Kasus Aktif Covid-19 di Surabaya Turun, HAH Nol Pasien

Hingga pukul 13:15 WIB, jumlah pasien yang masih dirawat di RSLI adalah sebanyak 260 orang yang berasal dari berbagai wilayah Jawa Timur (Jatim). Pasien terbanyak berasal dari Madura dengan jumlah 188 orang.

Selain pasien asal Jatim, ada pula pasien lain yang berasal dari luar Jatim. Beberapa diantaranya adalah Jakarta sebanyak 13 orang, pasien asal Bangkabelitung 2 orang, NTB 1 orang, dan Bali sebanyak 3 orang.

Kendati telah memulangkan 72 orang, dr. Nalendra mengaku, masih ada sekitar 170 orang yang saat ini antri untuk masuk (inden) ke RSLI. Jumlah pasien inden ini berasal dari berbagai kluster baik kluster keluarga, kluster Bangkalan ataupun pasien mandiri.

Baca Juga: Tersisa Satu Daerah Jatim Status PPKM Level 4

"Yang inden masih ada 170 orang. Beberapa hari ini, semua telpon saya nanya, dokter masih ada tempat tidak. Itu yg terjadi," aku dr. Nalendra.

Melihat antrian pasien yang terus bertambah, dr. Nalendra meminta kepada masyarakat yang terkonfirmasi positif namun tidak memiliki gejala (OTG) maupun bergejala ringan, untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Hal ini terjadi karena, jumlah kapasitas tempat tidur yang ada di RSLI terbatas atau hanya sekitar 410 bed.

Baca Juga: Kasus Covid di Lamongan Turun Drastis, Tersisa 165 dengan 0 Persen Kematian

"Kalau hanya OTG kalian bisa isoman di rumah. Terkait cara isoman yang baik dan benar, silahkan hubungi call center rumah sakit RSLI. Jadi gak harus semua panik," tegasnya.

Sebagai informasi, bagi pasien yang menjalankan isoman di rumah dan ingin berkonsultasi dengan dokter, silahkan menghubungi call center RSLI di nomor 0821-398-409-83.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU