8 Jaksa Diduga Terlibat Kasus Djoko Tjandra

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta- Ada delapan orang di internal Korps Adyakhsa telah diperiksa dan dimintai klarifikasi. "Yang sudah dimintai keterangan sebanyak delapan orang pihak internal, pegawai kejaksaan," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono dalam keterangan resminya, Selasa kemarin (28/7/2020). Pemeriksaan terhadap delapan jaksa ini, dilakukan oleh Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung.

Hari Setiyono, menjelaskan pemeriksaan dilakukan untuk mencari dan menemukan bukti awal dugaan pelanggaran disiplin dan etika yang dilakukan pegawai kejaksaan.

Nanti, tambah dia, apabila ditemukan bukti awal yang memadai, maka pihak kejaksaan akan meningkatkan pemeriksaan ke tahap selanjutnya. Sebaliknya jika tidak ada, maka pengusutan dihentikan.

Hari menjelaskan, klarifikasi ini dilakukan terkait dengan rekaman video pertemuan pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking dengan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Anang Supriyanta. Video tersebut viral di media sosial.

Selain terkait foto seorang oknum Jaksa di lingkungan Kejaksaan Agung yang berfoto bersama terpidana Djoko Tjandra dan Anita Kolopaking. Foto itu diduga dilakukan di Malaysia. n erc/rb