8 Langkah untuk Mengenali Ciri-Ciri Charger Original dari iPhone!

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 26 Okt 2022 19:05 WIB

8 Langkah untuk Mengenali Ciri-Ciri Charger Original dari iPhone!

SurabayaPagi.com : Peran charger pada sebuah perangkat smartphone sangat penting dalam penggunaannya. Kualitas dari charger yang baik akan menentukan performa dari baterai smartphone tersebut.

 

Tidak jarang saat ini banyak tersebar charger tiruan atau palsu yang dapat membahayakan smartphone yang Anda miliki.Terkhusus pada produk-produk dari Apple, dengan semakin melejitnya merek ini semakin mendorong beberapa oknum untuk menduplikasi charger original dari iPhone.

 

Charger palsu dari iPhone saat ini sudah menjadi salah satu komoditi barang palsu yang tersebar luas dengan harga yang sangat terjangkau. Hal tersebut yang akhirnya banyak menggoda para pengguna iPhone untuk menggunakan charger palsu.

 

Bentuknya yang hampir mirip membuat para pengguna kadang lengah dan jadi salah mengonsumsi. Pasalnya penggunaan charger palsu atau KW dapat berdampak buruk bagi iPhone itu sendiri, seperti baterai yang akan lebih boros dan juga akan lebih cepat rusak dari biasanya, serta kabel yang tidak akan tahan lama. Penggunaan charger palsu malah akan merugikan di akhir dengan membengkaknya pengeluaran untuk memperbaiki iPhone yang Anda miliki.

 

Oleh karena itu, penggunaan charger palsu perlu dihindari dengan cara membeli charger iphone original. Anda dapat membeli charger original melalui marketplace yang sudah valid dan terpercaya, seperti Blibli yang sudah terjamin baik secara keamanan dan kualitasnya.

 

Selain itu, perlu juga untuk Anda mengenali secara saksama ciri-ciri charger original iPhone. Nah, kira-kira apa saja ciri dari charger original tersebut? Simak tips di bawah ini!

 

1.     Warna Emas pada Kabel USB Lightning

Langkah pertama, Anda dapat melihat perbedaan yang signifikan dari charger original iPhone dengan melihat komponen USB Lightning-nya. Kabel Lightning ke USB dari charger iPhone yang ori memiliki garis berwarna emas yang solid dan memiliki tekstur yang halus. Sedangkan, pada charger yang palsu, garis emas charger berwarna emas yang kurang jelas serta memiliki tekstur yang kasar.

2.     Terdapat Label Sendiri

Pada setiap charger iPhone yang original, pasti terdapat label khas di bagian kabel, seperti  Designed by Apple in California, Assembled in China, Assembled in Vietnam, atau Indústria Brasileira, serta diikuti oleh 12 digit nomor seri setelahnya.

 

Selain itu, terdapat label yang hampir serupa pada kepala charger untuk menentukan charger iPhone tersebut asli, seperti tulisan Designed by Apple in California, Made in China, Made in California, atau Made in Vietnam.

 

3.     Perbedaan pada Bobot Charger 

Langkah mudah lain dalam membedakan charger iPhone original dengan yang KW bisa dari beratnya. Anda bisa merasakan charger mana yang lebih berat, maka charger itulah yang asli.

 

Jika Anda ingin lebih yakin dalam memastikannya, charger iPhone yang asli berbobot sekitar 250 gram. Sedangkan, charger yang palsu memiliki berat dibawah itu.

 

4.     Simbol USB

Anda sebagai pengguna iPhone dapat memastikan otentisitas dari charger yang dimiliki dengan melihat simbol USB pada bagian adaptor lightning. Simbol ini memiliki tekstur halus, tidak timbul, dan tidak mudah memudar atau meredup.

 

5.     Ukuran yang Konsisten

Perbedaan lain pada charger iPhone yang asli dapat terlihat jelas pada ukuran charger tersebut. Ukurannya selalu konsisten di angka 7,7 millimeter x 12 millimeter.

 

Walaupun keduanya memiliki daya pengisian sebesar 20 watt atau 30 watt, ukuran charger iPhone original terlihat lebih konsisten jika dibandingkan dengan ukuran charger yang palsu.

 

Ditambah dengan warna selipan abu-abu pada faceplate charger yang asli. Sedangkan, charger yang palsu memiliki ukuran berbeda dan juga tidak konsisten, serta warna selipan faceplate berupa hitam atau putih.

6.     Ciri Khas Konektor USB

Ujung konektor yang terdapat di charger sebagai penghubung antara kabel dengan adaptor memiliki ciri khas tersendiri, yaitu terdapat trapezoid interlock. Ciri khas tersebut dapat diartikan memiliki bentuk garis putus-putus yang berjarak sama.

 

Jika Anda dapat melihat atau membandingkannya secara detail dan jelas, charger yang palsu memiliki jarak yang tidak teratur dan abstrak. Ditambah, charger palsu juga memiliki permukaan yang kasar jika diraba.

 

7.     Harga Selalu Sama

Sekali lagi jika Anda tergoda dengan harga charger yang murah, ingat kerugian yang akan didapat nantinya. Jangan sampai Anda tergoda untuk membelinya walaupun dengan harga yang miring sekalipun.

 

Pasalnya, harga yang jauh di bawah dan berbeda dengan harga resmi sangat berpotensi dan hampir sudah bisa dipastikan bawah charger tersebut merupakan charger yang palsu.

 

Laman resmi Apple mengonfirmasi bahwa Anda dapat membeli charger lama Apple di kisaran harga sekitar Rp 350.000 + adapter dengan harga Rp 300.000 dan charger baru (USB-C) dengan harga sekitar Rp 500.000 hingga Rp 600.000.

 

8.     Charger Tahan Lama

Nah, jika Anda sudah mengamati seluruh aspek-aspek di atas, maka ciri charger original yang terakhir adalah tahan lama atau keawetannya. Charger yang asli pasti akan jauh lebih tahan lama dibanding yang palsu, dan charger asli tidak akan menimbulkan kerusakan maupun gangguan saat dipakai.

 

Tidak seperti charger palsu yang mudah rusak dan bisa saja langsung terkena gangguan ketika pemakaian baru menginjak seminggu. Hal tersebut terjadi karena charger yang palsu tidak memiliki daya tahan yang baik seperti charger yang asli.

 

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda terapkan dalam mengenali ciri-ciri charger iphone original dan palsu. Apabila Anda berencana untuk membeli charger iPhone yang pasti original, semua ada di Blibli. Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui laman Blibli sekarang! ***

 

 

 

 

 

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU