8 Taman Surabaya Dibuka, Pedagang Boleh Berjualan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 09 Apr 2021 13:05 WIB

8 Taman Surabaya Dibuka, Pedagang Boleh Berjualan

i

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membuka delapan taman kota pada Sabtu (10/4/2021). SP/PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI,Surabaya - Sejumlah taman di Kota Surabaya akhinya dibuka untuk aktivitas masyarakat.  Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membuka delapan taman kota pada Sabtu (10/4/2021). Dibukanya taman ini juga memberikan angin segar untuk para pedagang UMKM, Pemkot memperbolehkan pedagang kembali berjualan.

Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Anna Fajriatin menjelaskna surabaya sebenarnya memiliki 39 taman aktif (yang bisa dikunjungi). Sedangkan 8 taman yang dibuka dalam tahap uji coba, merepresentasikan masing-masing kawasan.

Baca Juga: DJP Jatim 2 Gandeng Media untuk Tingkatkan Pencapaian Target Pajak

"Delapan taman yang dibuka mewakili Surabaya pusat, timur, selatan, utara, barat," ujarnya, Kemarin.

Sentra pedagang di masing-masing taman juga akan kembali dibuka. "Warga atau UMKM di sekitar situ juga boleh jualan. Namun, dengan prokes. Misalnya, penjual menggunakan sarung tangan sehingga makanan tidak disentuh secara langsung," katanya.

Untuk memastikan protokol kesehatan terjaga, Pemkot melibatkan RT/RW setempat sebagai Satgas pencegahan Covid-19 yang akan membantu mengawasi di dalam taman. Selain itu, juga ada Satpol-PP. 

 "Sehingga, kami libatkan RT/RW dan LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan). Sebab mereka lah yang tahu. Kita harus saling memiliki," katanya.

Pihaknya mengantisipasi beberapa taman yang memiliki fasilitas penunjang olahraga. Misalnya, Taman Cahaya yang dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti lapangan futsal, lapangan basket, jogging track, lintasan batu refleksi, hingga taman bermain anak.

Dengan alasan berolahraga, pengunjung bisa saja tidak mau memakai masker. "Tentu, untuk taman seperti itu juga akan kami pantau," katanya.

Setiap pengunjung diwajibkan memakai masker, menjaga jarak dan tidak bergerombol. Selain masker, ada beberapa aturan prokes lainnya yang juga harus dipatuhi para pengunjung. Misalnya, pintu masuk dan keluar yang dibuat berbeda, pembatasan jumlah pengunjung (50 persen dari kapasitas), hingga pembatasan jam buka.

Pembukaan delapan taman ini akan diuji coba selama dua minggu. Apabila pengunjung tertib protokol kesehatan dan tidak ada temuan klaster Covid-19 maka alan diperpanjang lagi estimasi waktunya.

"Kami akan evaluasi secara berkala. Harapannya taman kalau dibuka, warganya manut.  Sehingga, taman bisa dibuka jangan panjang dan juga taman-taman lainnya," ungkap dia.

Saat ini, seluruh tempat duduk, toilet hingga fasilitas umum di taman kota sedang menjalani penyemprotan disinfektan. Juga disiapkan sarung tangan plastik untuk pengunjung dan petugas jaga taman.

Lokasi taman yang siap dibuka di Surabaya:

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Timur:

Taman Flora

Taman Harmoni

Kebun Bibit Wonorejo

Selatan:

Taman Pelangi

Pusat:

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Taman Prestasi

Taman Ekspresi

Barat:

Taman Cahaya

Utara:

Taman Sejarah

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU