9 Kepala SMP Negeri se Kota Blitar Diperiksa Polisi Terkait Pengadaan Sepatu Gratis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 07 Mar 2022 16:05 WIB

9 Kepala SMP Negeri se Kota Blitar Diperiksa Polisi Terkait Pengadaan Sepatu Gratis

i

Kasatreskrim Polres Blitar Kota AKP Momon Suwito SH. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Satuan Reserse Kriminal Polres Blitar Kota langsung bergerak cepat setelah menerima aduan dari pengusaha sepatu, atas dugaan pemalsuan merk sepatu yang dipalsukan, uniknya sepatu palsu tersebut dibagikan kepada ribuan pelajar SMP Negeri se Kota Blitar.

Atas laporan itu Kasatreskrim Polres Blitar Kota AKP Momon Suwito SH  mengatakan, aduan itu disampaikan seorang pengusaha bernama Hartono Sutanto (67) yang merupakan pemilik hak merk sepatu Gradial. 

Baca Juga: Jelang Lebaran, Polres Blitar Kota Sidak di Beberapa SPBU

Masih menurut Momon, bahwa pelapor tidak merasa menjual merk sepatu Gradial untuk dibagikan kepada pelajar di  sembilan SMP Negeri  di Kota Blitar, apalagi sepatu yang dibagikan tersebut diduga palsu.

"Kami menerima pengaduan tindak pidana pemalsuan merk sepatu yang diberikan kepada siswa di sembilan SMP Negeri di wilayah Kota Blitar, untuk pelapor atas nama Hartono Sutanto, dan Hartono ini  merupakan pemilik merk sepatu Gradial yang perusahaannya ada di daerah Pasuruan," ujar Momon, Senin (7/3/2022) di sela sela ngopi bareng.

 

"Jadi yang diberikan ke para siswa SMP Negeri 1 sampai 9 itu memang mereknya  Gradial akan tetapi pemilik hak merk tidak merasa mengeluarkan merk itu," tegasnya.

Baca Juga: Polres Blitar Kota Ungkap Peredaran Obat Petasan, Dua Pelaku Diamankan

Untuk itu pihak Satreskrim Polres Blitar Kota mengambil langkah melakukan pemeriksaan terhadap sembilan Kepala Sekolah dan meminta keterangan pelapor.

Selain itu ada tiga CV yang menjadi rekanan pengadaan sepatu tersebut juga dimintai keterangan.

"Kita masih melakukan langkah pendalaman tentang asal usul sepatu tersebut, menurut keterangan sejumlah pihak yang sudah kami periksa sepatu ini mereka beli di wilayah kota Tulungagung di salah satu toko di sana," kata AKP Momon tanpa menyebutkan toko sepatu tersebut.

Baca Juga: Polres Blitar Kota Ungap Kasus Prostitusi Online, Amankan 7 Tersangka Salah Satunya Pasutri

Untuk diketahui bahwa program sepatu gratis di Kota Blitar bagi siswa sekolah sudah berjalan sejak tahun 2010 lalu. Seluruh siswa yang merupakan warga Kota Blitar diberi fasilitas biaya sekolah, tas dan sepeda atau bus sekolah hingga seragam gratis. 

Sepatu merk Gradial yang diduga palsu itu sendiri dibagikan ke siswa SMP Negeri se Kota Blitar pada 2021 lalu. Dengan jumlah 2135 pasang. Dengan nilai kontrak oleh 3 CV yang melakukan pengadaan, sepasang sepatu itu harganya Rp 150 ribu,

"Terus kita lakukan penyelidikan setelah kita melakukan pemeriksaan saksi korban (Hartono) termasuk mendalami 3 CV tersebut." Pungkas Perwira Polisi dengan balok kuning ini tanpa mengungkapkan 3 CV itu. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU