Abdul Qodir, Kandidat Kuat Ketua DPC PKB Gresik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 19 Jan 2021 16:37 WIB

Abdul Qodir, Kandidat Kuat Ketua DPC PKB Gresik

i

M Abdul Qodir. SP/M.AIDID

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Ketua DPRD Kabupaten Gresik M Abdul Qodir menyatakan kesiapannya menjadi nakhoda baru PKB Gresik jika DPP memberi restu. 

"Saya sebagai kader partai tentu siap maju bila diusulkan dan siap memimpin jika ditunjuk oleh pengurus DPP," ucap Qodir kepada sejumlah awak media di ruang kerjanya, Selasa (19/1).

Baca Juga: Korban Gempa di Bawean dan Tuban Terima Bantuan

Menurut Qodir, pemilihan ketua partai di tingkat kabupaten/kota kini tidak lagi dipilih melalui musyawarah cabang melainkan langsung ditunjuk oleh Ketua Umum DPP PKB.

Dikatakan, perubahan mekanisme pemilihan ketua DPC PKB tersebut ditetapkan pada Muktamar PKB 2019 di Denpasar, Bali.

Kendati begitu, jelas Qodir, kandidat calon tetap diusulkan dari bawah. "Calon-calon ketua DPC bisa diusulkan lewat pramuscab atau oleh pengurus DPW," terangnya.

Mekanisme penunjukan ketua-ketua partai di tingkat cabang menjadi hak prerogatif ketua umum DPP PKB. "Mekanisme ini akan menciptakan kesolidan partai dan meminimalisir konflik internal," tukas politisi senior PKB asal Wringinanom itu.

Baca Juga: Melalui Mudik Gratis, Pemkab Gresik Jemput 326 Santri Ponpes Tebu Ireng

Pada penerapannya nanti, setiap pengurus DPC dalam pramuscab akan mengusulkan minimal 5 nama kandidat ketua ke pengurus DPP. Tentu usulannya melalui pengurus DPW. Selain itu, pengurus DPW juga diberi hak untuk menambah daftar usulan nama kandidat calon ketua.

"Dari daftar usulan, baik dari tingkat DPC maupun DPW itu kemudian DPP akan mengambil keputusan siapa yang akan ditunjuk sebagai ketua DPC di masing-masing kabupaten/kota," jelas Qodir.

Ditanya mengenai kapan pelaksanaan pra muscab, Qodir mengatakan masih akan menunggu petunjuk dari DPP, karena kegiatannya akan digelar secara serentak.

Baca Juga: Pengusaha Pupuk Nekat Beroperasi di Lokasi Gudang Ilegal

Tapi kalau berpatokan pada mekanisme sebelumnya, maka pramuscab direncanakan pada bulan Maret mendatang.

Selain Abdul Qodir yang kini memegang jabatan penting sebagai ketua DPRD,  beberapa nama lain yang tidak kalah popularitasnya untuk running dalam pemilihan Ketua DPC PKB Gresik adalah Fandi Akhmad Yani yang kini menjadi Bupati Gresik terpilih, atau M Qosim, ketua DPC saat ini sekaligus Wakil Bupati Gresik dua periode. did

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU