Achmad Fauzi-Dewi Khalifah Resmi Jadi Bupati dan Wakil Bupati Sumenep

Foto : Achmad Fauzi SH, M.Hum, saat pengambilan sumpah dari Gubernur Jawa Timur Khafifah Indar Parawansa, di Gedung Grahadi Surabaya Jumat (26/2).SP/ Ainur Rahman

SURABAYA PAGI, Sumenep – Akhirnya pasangan Bupati Achmad Fauzi SH, M.Hum, dan Nyai Dewi Kholifah, SH, resmi dilantik bersama 17 Kepala dan Wakil Kepala Daerah yang terpilih di Jawa Timur pada Pilkada 2020 Oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa pada hari ini Jumat (26/2). 

Acara berlangsung di Gedung Negara Grahadi, pelantikan akan dilakukan secara hybrid Ini penuh dengan kehati-hatian, sesuai dengan instruksi Dirjen Otonomi Daerah (Otda).

Pelantikan secara langsung hanya diikuti oleh Kepala dan Wakil Kepala Daerah Terpilih beserta pasangan. Sedangkan tamu undangan lainnya bisa mengikuti prosesi acara pelantikan secara virtual dari daerahnya masing-masing.

Pada kegiatan berlangsung yang disaksikan secara Virtual Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menuturkan,  pelaksanaan pelantikan ini sesuai dengan SE Kemendagri. Pihaknya juga memastikan bahwa pelantikan tersebut akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Kami memastikan bahwa pelaksanaan pelantikan Kepala dan Wakil Kepala Daerah akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat,” ujarnya.

Lebih lanjut Khofifah mengungkapkan, semua lokasi yang ada di Grahadi dikondisikan sangat steril. Pihaknya juga menyiapkan tim kesehatan dari RS Menur, RSUD DR Soetomo dan RS Paru, yang siaga untuk melaksanakan pemeriksaan sebelum peserta pelantikan memasuki area pelantikan.

“Ini dilakukan untuk mematuhi protokol kesehatan  yang masih berlaku. Terlebih, karena pelantikan dilakukan secara hybrid, masing-masing daerah dapat melihat melalui live streaming, termasuk pihak aparatur masing-masing daerah dapat menyaksikan melalui virtual,” jelasnya.

IMG-20210226-WA0062

Untuk diketahui kepala Daerah yang dilantik secara virtual diantaranya, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Banyuwangi,  Kota Blitar, Kota Pasuruan, Kabupaten Jember, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Kediri, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, dan Kota Surabaya.

Di Sumenep, Pelantikan Bupati Achmad Fauzi-Dewi Khalifah itu digelar di pendopo Rumah Dinas Bupati dan digelar secara virtual. Ungkap kabag Humas Pemkab sumenep, Joko Sigit S saat dikonfirmasi awak media

Menurutnya, Pelantikan kali ini tentu sangat berbeda dengan tahun sebelumnya lantaran berada di masa pandemi Covid 19. Di mana yang hanya masuk adalah Bupati dan Wabup terpilih dan istri, Ketua TP PKK, dan Ketua Dekranasda.

Sementara keluarga dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) digelar secara virtual termasuk di Kabupaten sumenep. Tegasnya

“Ya Pelantikan untuk bupati dan wabup dilaksanakan di Surabaya. Sementara di Sumenep dilakukan secara virtual,  dan dihadiri oleh keluarga Forkopimda dan OPD,” jelasnya. Ar