Advokat Oni Oktman Gadaikan 2 Mobil Sewaan Diadili

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 09 Sep 2021 19:27 WIB

Advokat Oni Oktman Gadaikan 2 Mobil Sewaan Diadili

i

Terdakwa Oni saat memberikan keterangannya dipersidangan , diruang Cakra PN. Surabaya, secara online, Kamis (09/09/2021). SP/Budi Mulyono

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Oni Oktman didakwa menggelapkan dua mobil yang disewanya. Mobil itu tidak kunjung dikembalikan kepada pemiliknya setelah masa sewa habis. Dia juga belum membayar uang sewa. Pria yang berprofesi sebagai Advokat itu ternyata telah menggadaikan mobil tersebut ke orang lain.

Jaksa penuntut umum Hasan Efendi,SH dalam dakwaannya menyatakan, terdakwa Oni awalnya menyewa mobil Daihatsu Xenia milik Henny Lestari Oktarina selama sepuluh hari. Dia sudah membayar lunas sewanya Rp 2,5 juta. Jaminannya sepeda motor Yamaha Mio. 

Baca Juga: Kasus Dugaan Penggelapan Uang Infaq Masjid Annur Sekarkurung Resmi Dilaporkan Polisi

Terdakwa kemudian memperpanjang sewa selama sepuluh hari. Tarifnya kali ini Rp 3 juta. Namun, setelah masa sewa habis, dia tidak mengembalikannya. Mobil itu digadaikan ke Baidowi Rp 13 juta. Terdakwa juga tidak bisa dihubungi. Henny lantas melaporkan Oni ke Polrestabes Surabaya. 

Pada saat yang hampir bersamaan, Oni datang ke tempat rental mobil milik Gatut Setiawan. Dia menyewa mobil Daihatsu Xenia selama sebulan. Tarifnya Rp 4 juta. Gatut menyerahkan mobil itu kepada Oni di dalam kampus swasta di Surabaya. 

Baca Juga: Tempati Rumah Tanpa Ijin, Diadili

Namun, setelah masa sewa habis, Oni tidak mengembalikan mobil yang disewanya. Dia menggadaikan mobilnya ke Achmad Rusliyadi seharga Rp 25 juta. Gatut kemudian juga melaporkan Oni ke Polrestabes Surabaya. 

Sementara itu, Oni dalam persidangan mengakui semua perbuatannya. Dia mengaku menyewa mobil dan tidak mengembalikannya. Mobil itu kemudian digadaikan ke orang lain tanpa sepengetahuan dan seizin pemiliknya. 

Baca Juga: Pengurus RW dan Takmir Masjid Enggan Laporkan Pelaku Penggelapan Uang Infaq Rp189 Juta

"Masih belum saya kembalikan. Ya, saya alihkan ke orang lain. Saya menyesal," ujar Oni saat diperiksa sebagai terdakwa, dipersidangan ruang Cakra PN.Surabaya, Kamis (09/09/2021).

Sidang akan dilanjutkan Kamis pekan depan, dengan agenda tuntutan dari JPU. nbd

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU