AH Thony Dorong Benteng Kedung Cowek Menjadi Wisata Juang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Mei 2023 21:02 WIB

AH Thony Dorong Benteng Kedung Cowek Menjadi Wisata Juang

i

Wakil Ketua DPRD Surabaya A Hermas Thony

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Wisata Kejuangan, salah satu opsi yang paling masuk akal dan tepat adalah menjadikan Benteng Kedung Cowek sebagai wisata kejuangan. Artinya, Wakil Ketua DPRD Surabaya A Hermas Thony menjelaskan, tempat ini menjadi saksi bahwa di masa penjajahan Belanda, warga Surabaya ikut menjadi bagian berjuang mengusir Belanda dari Surabaya. 

Benteng itu juga menunjukkan bahwa ada sisa-sisa sejarah yang sampai saat ini masih terlihat. Tempat itu juga menandakan bahwa makna kejuangan tergambar di Surabaya. Seiringnya waktu Revitalisasi tidak sekadar tempat pertahanan harus dipikirkan. 

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

"Sudah saatnya, revitalisasi fungsi Benteng Kedung Cowek lebih dari jejak sejarah perjuangan. Tapi harus diperluas dengan memberi nilai tambah pada masyarakat dan ekonomi sekitar benteng. Yakni menjadi destinasi wisata," kata Thony. 

Lebih khusus adalah wisata kejuangan. Dengan mengunjungi wisata ini, semangat cinta tanah air makin tumbuh. Begitu juga spirit bela negara juga menguat. Thony mendorong agar tempat tersebut menjadi destinasi wisata yang bernilai juang. Selain menjaga kemenarikan spot. 

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

"Bisa juga dijadikan tempat penggemblengan cinta tanah air saat diklat. Saat ada program bela negara juga bisa di sana. Bahkan bisa juga dijadikan game tembak-tembakan dengan nuansa seperti live. Dengan dukungan sound system yang mirip. Pasti seru," tandas pria asli Bojonegoro ini. 

Politisi yang sebelumnya dosen ini menyarankan bisa dijadikan destinasi wisata olahraga berbalut perang atau paintball. Dengan latar luas dan bangunan benteng, serasa nyata. 

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

"Untuk menjadikan wisata kejuangan ini, TNI selaku pemilik aset harus mau membuka diri. Begitu juga Pemkot juga harus membuka komunikasi untuk pemanfaatan aset TNI itu. Atau pihak ketiga atau investor juga bisa dilibatkan. DPRD akan menjembatani penuh," kata Thony. 

Pimpinan DPRD ini memahami bahwa salah satu kendala utama bisa jadi perkara finansial. Namun kendala ini bisa diatasi dan bukan perkara sulit karena bisa dicarikan solusi bersama. Ada kenaikan TNI  yang memberi ruang kepada Pemkot Surabaya dan pihak ketiga untuk menjadikan Benteng Kedung Cowek menjadi Wisata kajuangan. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU