Ahli: Demam Ringan Bermanfaat untuk Kesembuhan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Mar 2023 19:53 WIB

Ahli: Demam Ringan Bermanfaat untuk Kesembuhan

 SURABAYAPAGI, Surabaya - Demam ringan ternyata dapat membantu melawan infeksi lebih cepat daripada obat-obatan. Hal tersebut ditemukan dalam penelitian pada hewan.

Dilansir Indian Express, studi yang diterbitkan dalam jurnal Immunology and Inflammation itu menunjukkan demam ringan membantu ikan membersihkan tubuh mereka dari infeksi dengan cepat. Demam ringan juga tampak mengendalikan peradangan dan memperbaiki kerusakan jaringan pada ikan.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Daniel Barreda selaku penulis utama studi tersebut sekaligus ahli imunologi dari University of Alberta di Kanada mengatakan membiarkan demam terjadi tanpa berusaha mengendalikannya merupakan hal yang sangat positif. Demam sedang dapat sembuh dengan sendirinya.

"Artinya tubuh dapat menginduksi dan mematikan infeksinya secara alami tanpa obat," kata Barreda.

Peneliti mencatat studi ini membantu menjelaskan mekanisme yang berkontribusi pada manfaat demam sedang. Fenomena itu telah dilestarikan secara evolusioner di dunia hewan selama 550 juta tahun.

Untuk penelitian tersebut, ikan diberi infeksi bakteri dan perilakunya kemudian dilacak serta dievaluasi menggunakan machine learning, suatu bentuk kecerdasan buatan (AI). Gejala luar mirip dengan yang terlihat pada manusia dengan demam, yakni imobilitas, kelelahan, dan malaise.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Gejala itu kemudian dicocokkan dengan mekanisme kekebalan penting di dalam hewan. Penelitian menunjukkan bahwa demam alami menawarkan respons integratif yang tidak hanya mengaktifkan pertahanan terhadap infeksi, tetapi juga membantu mengendalikannya, menurut Barreda.

Para peneliti menemukan bahwa demam membantu membersihkan infeksi pada ikan dalam waktu sekitar tujuh hari. Itu adalah setengah dari waktu yang dibutuhkan hewan-hewan itu untuk tidak demam.

Selain itu, peneliti menyebut, demam juga membantu mematikan peradangan dan memperbaiki jaringan yang terluka. Meski begitu, peneliti mencatat bahwa keuntungan kesehatan dari demam alami bagi manusia masih harus dikonfirmasi melalui penelitian.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

"Mengingat mekanisme yang mendorong dan mempertahankan demam dialami oleh hewan, masuk akal untuk memprediksi manfaat serupa akan terjadi pada manusia," kata Barreda.

Studi tersebut menunjukkan bahwa orang harus menolak untuk memperoleh obat demam yang dijual bebas, juga dikenal sebagai obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), ketika awal demam ringan. NSAID memang dapat menghilangkan ketidaknyamanan yang dirasakan dengan demam, tetapi penderitanya juga mungkin mendapatkan beberapa manfaat dari respons alami tubuh tersebut.hlt/dmm

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU