Ahli: Konsumsi Kacang Pistacio Bisa Jaga Kesehatan Jantung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 05 Okt 2022 19:41 WIB

Ahli: Konsumsi Kacang Pistacio Bisa Jaga Kesehatan Jantung

i

Ahli jantung menyarankan menambahkan segenggam pistacio ke dalam rutinitas harian.

 

SURABAYAPAGI, Surabaya - Menjaga kesehatan organ jantung sangat penting, salah satunya dengan mengadopsi gaya hidup sehat.  Selain itu, Ahli jantung menyarankan salah satu makanan tertentu, yakni menambahkan segenggam pistacio ke dalam rutinitas harian. 

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Berikut manfaat kacang pistacio, seperti dikutip dari Livestrong. Salah satu indikator pertama dari jantung yang sehat adalah kadar kolesterol. Salah satu cara untuk meningkatkan kadar kolesterol adalah dengan bantuan diet sehat, meliputi pemilihan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, untuk memenuhi antara 20 dan 35 persen kalori harian.

“Sebagian besar lemak dalam pistachio adalah lemak tak jenuh, yang terkait dengan penurunan kolesterol," jelas Jim Liu MD seorang ahli jantung dan Asisten Profesor Klinis Penyakit Dalam di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Tekanan darah tinggi sering disebut sebagai  "pembunuh diam-diam" karena biasanya tidak memiliki tanda peringatan tetapi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan strok, menurut National Institute of Health (NIH). Diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) sering direkomendasikan untuk penderita hipertensi.

Baca Juga: RSUD Bangil Miliki Gedung Instalasi Farmasi dan Dropzone Instalasi Gawat Darurat

Pola makan tersebut membutuhkan dua hingga tiga porsi harian lemak sehat dan empat hingga lima porsi mingguan kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan kacang polong. Makan 1,5 ons ( sekitar segenggam) pistacio setiap hari dikaitkan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah, menurut penelitian Juni 2020 di Nutrients.

Pistacio sangat kaya akan antioksidan vitamin E, polifenol dan karotenoid lutein dan zeaxanthin, menurut Klinik Cleveland. Dibandingkan dengan kacang lainnya, pistacio memiliki tingkat antioksidan tertinggi seperti vitamin E dan K, karotenoid dan thiamin, menurut ulasan April 2015 di The British Journal of Nutrition. Faktanya, kacang ini berada di 50 makanan antioksidan teratas, menurut ulasan Desember 2021 di Plants.

Baca Juga: Cek Kesehatan Gratis, Balai RW 02 Pos Mawar 1 Dukuhsari Jabon Gelar Posyandu Lansia

Makan pistacio telah dikaitkan dengan kadar gula darah dan insulin yang lebih rendah. Kemudian terkait kesehatan metabolisme baik secara keseluruhan pada orang dengan pradiabetes, menurut uji klinis Oktober 2014 di Diabetes Care."Seperti kebanyakan hal lain dalam hidup, moderasi adalah kuncinya," kata Shah.

Pistacio tinggi kalori, dan satu porsi pistachio sekitar satu ons atau 28 gram, menurut Klinik Cleveland. Ini sama dengan sekitar 159 kalori, menurut USDA. Untuk menjaga kadar natrium tetap terkendali, pilihlah pistacio mentah tawar untuk camilan yang mendukung jantung, sebagaimana disarankan para ahli jantung.hlt/pct

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU