Ahli: Tanda Ciri Tubuh Kelebihan Konsumsi Gula

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Des 2022 20:06 WIB

Ahli: Tanda Ciri Tubuh Kelebihan Konsumsi Gula

SURABAYAPAGI, Surabaya - Aneka kue, soda, ataupun minuman berperisa manis lainnya memang begitu menggiurkan untuk disantap. Namun perlu diperhatikan, makan terlalu banyak gula bisa berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan termasuk menyebabkan diabetes, obesitas, masalah pada kulit dan lainnya.

Untuk mengetahui apakah kadar gula yang dikonsumsi melebihi batas atau tidak, para ahli gizi mengungkap beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Ada mengonsumsi terlalu banyak gula. Berikut uraiannya seperti dilansir dari She Finds.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Ahli gizi bersertifikat di Balance One Supplements AS, Trista Best, mengatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula bisa mempercepat penuaan kulit sehingga menimbulkan kerutan dini, kulit kendur, dan lainnya. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga bisa berarti lebih banyak jerawat, kulit kering, dan penampilan yang lebih kusam.

"Mengandalkan makanan cepat saji yang manis dan diproses, sebagai sumber nutrisi utama dapat merusak kesehatan dan menyebabkan Anda lebih cepat tua,” kata Best.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Camilan manis tidak hanya meningkatkan penuaan, tetapi juga menyebabkan kesehatan usus yang buruk. "Kedua efek samping ini merusak kesehatan secara keseluruhan,” tegas Best.

Kesehatan usus telah terkait dengan kekebalan, kontrol glukosa, kesehatan jantung, dan pencernaan. Oleh sebab itu, memastikan usus sehat adalah prioritas yang bisa membantu mencapai semua tujuan kesehatan lainnya seperti penurunan berat badan, lebih banyak energi, tidur lebih nyenyak, penuaan yang sehat.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Sebuah studi terbaru bahkan telah menemukan hubungan antara kesehatan usus dan kesehatan mental. Studi itu menemukan bahwa usus yang tidak sehat dapat menyebabkan masalah di berbagai bagian tubuh. Karenanya, mengganti makan manis dan karbohidrat olahan dengan makanan utuh bisa menjadi pilihan terbaik untuk memastikan kesehatan usus. hlt/gla

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU