Aiptu Guritno, Ki Dalang dari Polsek Pakel Tulungagung Jual Sebagian Wayang dan Gamelan untuk Pembangunan Masjid

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 03 Nov 2021 18:41 WIB

Aiptu Guritno, Ki Dalang dari Polsek Pakel Tulungagung Jual Sebagian Wayang dan Gamelan untuk Pembangunan Masjid

i

Aiptu Guritno saat menunjukkan kemampuannya menjadi dalang. SP/Her

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SIK, SH, MH  bersama Pejabat Utama bersilaturahmi ke salah satu anggotanya yakni Aiptu Guritno yang bertugas di Polsek Pakel, Selasa (2/11/2021).

Ketertarikan Kapolres Tulungagung ingin mengunjungi anggotanya, lantaran, Aiptu Guritno memiliki bakat/kelebihan di bidang seni yaitu sebagai Dalang wayang kulit. 

Baca Juga: Pasutri Tulungagung, Dibunuh Karena Ucapannya

Dan luar biasanya, Aiptu Guritno juga menghibahkan sebidang tanah seluas 18 Rhu untuk dibangun Masjid, dan tanah yang berada di dusun Krajan RT 03 RW 01 Desa Bangun Mulyo tersebut dibelinya dari hasil wayang kulit.

Kapolres Tulungagung telah mengapresiasi atas bakat seni yang dimiliki Aiptu Guritno serta ketulusan hatinya yang telah menghibahkan sebidang tanah untuk dibangun Masjid.

"Kebetulan beliau ini anggota Polri sekaligus Dalang (Wayang kulit) atau yang mempunyai kelebihan di bidang seni," ujar Kapolres.

Situasi pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM sangat berdampak pada pementasan seni. Sehingga mengakibatkan seperangkat wayang kulit yang dimiliki Guritno terjual. 

Namun, dari penjualan seperangkat wayang kulit tersebut dibelikan sebidang tanah seluas 18 ru yang kemudian dihibahkan untuk dibangun Masjid.

"Karena situasi pandemi ini memang tidak bisa pentas, akhirnya berdampak pada kegiatannya termasuk juga grupnya," imbuh Kapolres.

Baca Juga: Pasutri Kaya Tewas di Ruang Karaoke Tanpa Saksi, Polisi Bisa Tangkap Pelaku

"Tapi yang luar biasa dari beliau ini adalah kemudian dia menjual beberapa asetnya (seperangkat alat wayang kulit) untuk dibelikan tanah kemudian dihibahkan. Ini yang perlu kita contoh," timpal Kapolres melengkapi.

Selanjutnya, Kapolres Tulungagung mengapresiasi langkah mulia Aiptu Guritno tersebut.

"Kita juga mengapresiasi Pak Guritno, dengan berbagai keterbatasan kemudian menghibahkan tanahnya untuk dibuat Masjid," tutur AKBP Handono.

Kapolres Tulungagung mendukung dan siap membantu kelancaran pembangunan Masjid di dusun Krajan RT 03 RW 01 Desa Bangun Mulyo yang saat ini dalam proses pembangunan.

Baca Juga: Bacok Penghuni, Pengurus Panti Dibui

"Nanti tentu kita akan bantu supaya yang menjadi cita-cita Pak Gurit dan warga Desa Bangun Mulyo segera memiliki tempat ibadah," tutupnya.

Sementara itu, Aiptu Guritno juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan silaturahmi  Kapolres Tulungagung beserta PJU Polres Tulungagung  di tempat sanggar seni dan lokasi pembangunan masjid yang rencananya atas permintaan warga  akan diberi nama Masjid Al - Amin.

"Terima kasih Komandan mohon doa restunya, mudah - mudahan kemitraan kami dengan masyarakat dalam membangun masjid ini bisa terlaksana," tutur Aiptu Guridno dihadapan Kapolres Tulungagung. her

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU