Air PDAM di Perumahan MCG Sidoarjo cuma Mampet, Warga Mengeluh

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 12 Agu 2022 08:34 WIB

Air PDAM di Perumahan MCG Sidoarjo cuma Mampet, Warga Mengeluh

i

Air dari kran warga, tak keluar sama sekali.

SURABAYAPAGI.Com, Sidoarjo - Warga Perum MCG (Mutiara Citra Graha) RT 20, RW 08 Desa Bligo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo tidak bisa menikmati fasilitas air dari Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Delta Tirta Sidoarjo secara normal.

Hampir seluruh warga pengguna air PDAM perumahan Mutiara Citra Graha mengeluhkan kucuran air tidak normal. Mulai pagi sampai malam air yang mengalir hanya tetesan dari kran kran warga. Air baru mengalir normal pukul 23.00 WIB.

Baca Juga: Air PDAM Mampet, Warga Perum PPS Gresik Menjerit: Terpaksa Beli 2 Galon Buat Mandi

Warga semakin geram dengan pelayanan yang kurang memuaskan dari PDAM Delta Tirta Sidoarjo. Wartawan harian Surabaya Pagi saat melakukan investigasi langsung ke lokasi warga pelanggan PDAM di Perum Mutiara Citra Graha, Bligo melihat kecilnya air mengalir ini di alami oleh kebanyakan pelanggan PDAM Delta Tirta Sidoarjo di wilayah Perum.

Salah satu warga, Agus, menjelaskan sudah hampir sebulan tidak ada perubahan sama sekali, air sangat kecil. Bahkan mulai dari pagi sampai malam terlihat hanya tetesan air yang nampak.

Saat Surabaya Pagi mendatangi rumah  Agus, Kamis (11/8/2022) pukul 06.45 airnya tidak keluar sama sekali dari kran. Warga mengaku sudah melakukan pengaduan melalui telpon lewat pelayanan PDAM Sidoarjo, akan tetapi belum ada tindakan perbaikan.

Padahal menurutnya pelanggan air bersih PDAM semakin lama semakin bertambah. Ia berharap, perusahaan ini fokus memperbaiki layanan konsumen, sehingga mereka tidak mencari-cari alasan terkait buruknya kualitas layanan tersebut.

Masih kata Agus, pemakai PDAM beberapa tetangga sebelah dan yang lainnya juga mengeluhkan hal yang sama.

Baca Juga: Terciduk Korupsi Rp 729 Juta, Karyawan PDAM Kota Madiun Ditahan

"Kok bisa ya air keluar hanya netes terus, masak dari pagi sampai pagi kadang netes kadang mati, kadang juga mengalir kecil sesekali," cetus warga lainnya yang mengadu kepada Surabaya Pagi yang langsung mengecek ke lokasi.

Berkaitan dengan keluhan planggan PDAM tersebut Wartawan Harian Surabaya Pagi langsung menginformasikan kepada Humas PDAM Delta Tirta Sidoarjo pagi hari pada Ifan via Wattsapp.Humas PDAM merespon positif dengan segera memberi informasi yang disampaikan awak media.

Buktinya, siang hari, PDAM mengirimkan petugas untuk melakukan kroscek langsung ke planggan PDAM di Perum Mutiara Citra Graha.

Masalahnya menurut Agus, pelanggan PDAM di Perum tersebut, jawaban dari petugas lapangan yang mengecek dirumahnya mengatakan tidak terjadi kerusakan apa-apa pada jaringan PDAM.

Baca Juga: Penyesuaian Tarif PDAM Tepat Sasaran, DPRD Surabaya Dorong Validasi Data Pelanggan

Menurut petugas lapangan, memang tekanan air PDAM kecil, apalagi ditempat Agus, air berasal dari Umbulan 1 yang memang untuk debit atau tekanan airnya tidak bisa lebih besar dari keadaan saat ini.

"Untuk itu bagi planggan yang berasal dari aliran Umbulan 1 disarankan memakai tandon bawah," ungkap petugas tersebut. Menurut Agus mengapa dari awal tidak ada sosialisasi bahwa yang memakai aliran dari Umbulan 1 harus pakai tandon bawah.

"Ini kan bukan pelayanan yang baik hanya mencari pembenaran serta alasan klasik. Pasalnya pelanggan harus mengeluarkan biaya buat tandon bawah lagi untuk mendapatkan air yang normal, parah," pungkas Agus. Hik

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU